SOLOPOS.COM - Pelatih tim renang Popnas Jateng Prio Purwoko (berdiri) memantau latihan tim renang Popnas Jateng di Kolam Renang Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raiders Kodam IV/Diponegoro, Rabu (6/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Tim Humas Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 yang bakal berlangsung di Jateng disongsong perenang-perenang tuan rumah dengan giat berlatih demi menekan catatan waktu.

Semarangpos.com, SEMARANG Atlet renang Jateng yang bakal berlaga di Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) XIV diharapkan dapat menorehkan catatan waktu terbaik saat tampil sebagai tuan rumah pesta olahraga multievent khusus pelajar Idonesia itu. Popnas 2017 bakal digelar di Jateng mulai Minggu (10/9/2017) hingga Kamis (21/9/2017) pekan berikutnya.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Demi menekan catatan waktu itu, mereka kini giat berlatih di  Kolam Renang Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raiders Kodam IV/Diponegoro, Srondol, Kota Semarang. Oleh duet pelatih, Prio Purwoko dan Muhammad Irfansyah, ke-16 pelajar anggota tim renang Popnas Jateng diberi banyak materi-materi latihan terkait ketahanan fisik di lintasan lari dan kecepatan ayunan tangan untuk beberapa nomor perlombaan. Andrea Aureliu cs diinstruksikan berenang satu per satu sesuai dengan nomor spesialisasi masing-masing.

“Kami sudah mulai menggelar simulasi perlombaan untuk para perenang. Mereka kami batasi juga dalam latihan-latihan kali ini,untuk menyamai rekor waktu terbaik yang pernah dicapai,” kata Muhammad Irfansyah saat ditemui Tim Humas Popda Jateng di sela-sela latihan,  Rabu (6/9/2017).

Target-target itu diharapkan secara tidak langsung memotivasi, sekaligus memacu para perenang untuk tampil sebaik-baiknya. Meskipun sempat berpindah tempat latihan dari Kompleks Kolam Renang GOR Jatidiri Kota Semarang, karena perbaikan tempat perlombaan semangat mereka tidak merosot.

“Mereka menikmati setiap latihan yang kami gelar. Selain itu, beberapa perenang juga mulai menunjukkan peningkatan rekor waktu yang menggembirakan,” tambahnya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Tim Humas Popda Jateng yang diterima Semarangpos.com, Rabu.

Pada Popnas XIV 2017 mendatang, tim renang pelajar Jateng akan diperkuat 16 perenang yang terdiri atas enam perenang binaan Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng dan sepuluh perenang non-PPLOP Jateng. Ke-16 perenang yang dipilih ini terdiri atas tujuh atlet putri dan sembilan atlet putra.

Enam atlet PPLOP Jateng yang terpilih untuk mewakili Jateng dalam Popnas XIV 2017 itu adalah dua atlet putra, M. Raditya dan Satria Wibowo, serta empat atlet putri yakni Dama Larissa, Febriana Wahyu, Hanna Christina, dan Andrea Rosaliu.

Ke-16 pelajar atlet renang Jateng itu bakal bertanding di 38 nomor, baik perorangan maupun beregu dalam Popnas XIV 2017. Mereka, beberapa waktu lalu, sempat pula berlaga dalam kejuaraan Jateng Open antarklub renang se-Jateng-DIY di Kompleks Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan, Solo sebagai ajang pemanasan menjelang Popnas.

Hasilnya, Vina Wijaya berhasil merebut lima emas di kelompok umur junior (50 m gaya dada, 50 m gaya kupu-kupu, serta 50 m, 100 m, dan 200 m gaya punggung putri), Vanessa Sanjoyo dengan empat emas di kelompok umur junior (200 m gaya ganti perorangan, 100 m dan 200 m gaya kupu-kupu, 100 m gaya dada putri), serta M. Raditya Dwi di kelompok umur junior sukses merebut tiga emas di nomor gaya kupu-kupu 50 m, 100 m, dan 200 m putra.

Sedangkan Hanna Christina Purnaninda berhasil merebut 11 medali emas di kelompok umur remaja, antara lain gaya kupu-kupu 50 m, 100 m, dan 200 m, gaya punggung 100 m dan 200 m, gaya bebas 50 m, 100 m, 200 m dan 400 m, gaya dada 200 m, dan gaya ganti perorangan 200 m. Hanna termasuk perenang yang meraih medali emas terbanyak dalam kejuaraan yang digelar setiap tahunnya itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya