SOLOPOS.COM - Pesepak bola pelajar Papua berusaha merebut bola dari kaki pemain Jateng saat laga semifinal Popnas XIV 2017 di Stadion Citarum, Semarang, Jateng, Senin (18/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Tim Humas Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 diwarnai peran besar kiper Rakasurya Handika dalam mewujudkan kemenangan kesebelasan Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kiper kesebelasan Jateng, Rakasurya Handika, kembali bintang dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional XIV. Setelah memastikan lolosnya Jateng ke semifinal dengan gol tunggalnya ke gawang Banten di perempatfinal, Sabtu (16/9/2017) lalu, ia kembali memastikan lolosnya Jateng ke final cabang olahraga sepak bola Popnas XIV dalam laga versus Papua, Senin (18/9/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rakasurya Handika dicatat Tim Humas Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, kembali melakukan aksi gemilang dalam laga semifinal Popnas XIV yang mempertemukan Jateng dan Papua di Stadion Citarum, Kota Semarang, Jateng, Senin sore.

[Baca juga Gol Kiper Antar Jateng ke Semifinal]

Laga itu berakhir dengan adu penalti karena tak satu pun dari kedua kesebelasan yang berhasil menceploskan gol ke gawang lawan hingga peluit panjang wasit ditiupkan menutup 2 x 45 menit pertandinfan. Saat adu penalti dilakukan itulah, Rakasurya Handika membuat Jateng menang dengan skor 4-2 dengan tepisannya.

“Pertandingan lawan Papua ini sudah layaknya final bagai kami. Kalau ini gagal maka gagal semuanya. Namun kami bersyukur bisa memenangkan adu penalti yang menjadi beban kami. Sebab adu penalti tidaklah mudah,” aku pelatih Jateng, Ashadi, seusai pertandingan.

Empat pemain Jateng berhasil mencetak gol ke gawang Papua di adu penalti tersebut. Mereka yakni Adrianus Dwiki, M Januar, Ocvian Chaniago, dan Gusti Setiawan. Hanya sepakan Firdaus Ahmad yang diblok kiper Papua, Reza Rivaldi.

Sementara itu pemain Papua hanya bisa menyeploskan dua gol dari empat tendangan yang didapat. Selain berhasil ditepis Raka, satu sepakan pemain Papua melambung tinggi di atas mistar gawang Jateng.

Dalam laga sebelumnya, kiper asal Kota Semarang itu menentukan lolosnya Jateng ke babak semifinal dengan gol tunggalnya ke gawang Banten. Saat itu, Rakasurya Handika yang berstatus asli kiper itu masuk lapangan sebagai pemain pengganti dan diposisikan sebagai striker. Kesebelasan Jateng kala itu memang krisis pemain karena ada yang cedera, terkena akumulasi kartu, dan dipinjam untuk membela nama Indonesia ke luar negeri.

“Di final kami harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Jawa Barat saya kira ingin balas dendam karena mereka dua tahun lalu kalah di kandang sendiri dari kami,” terang Ashadi. Jabar masuk babak final Popnas XIV 2017 setelah menang dengan skor 2-1 atas Jawa Timur pada laga semininal lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya