SOLOPOS.COM - Ilustrasi medali. (JIBI/Solopos/Dok.)

Popnas XIV 2017 dilakoni tim karate pelajar Jateng dengan menyumbang masing-masing satu medali emas, perak, dan perunggu bagi kontingen mereka.

Semarangpos.com, SEMARANG — Karateka Jawa Tengah sukses mendulang satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu pada hari pertama ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV yang berlangsung di GOR Patriot Kodam IV Diponegoro, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (16/9/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Medali emas bagi tuan rumah disumbangkan oleh Detrina Sabda dari nomor kata perorangan putra. Di babak final, Detrina sukses menaklukkan perlawanan karateka asal Sulawesi Selatan, Rafli Saputra, dengan angka tipis 3-2.

Sedangkan medali perak dipersembahkan Hera Irnandha dari nomor kumite putri kelas +59 kg. Sementara itu, satu medali perunggu tambahan bagi Jateng diperoleh dari kumite putri kelas under 59 kg oleh Nora Septiana.

Pelatih karate Popnas Jateng, Andriansyah, mengakui, pada laga final itu, kondisi Detrina sejatinya sedikit goyah meskipun kualitas atletnya itu berada jauh di atas lawannya. Hal tersebut yang membuat sang rival mampu memperkecil angka pada menit-menit akhir laga. Namun begitu, peraih medali perunggu di kejuaraan Asia Karate Do Federation (AKF) Championship yang digelar Juli silam itu, mampu bangkit dan tampil konsisten hingga berakhirnya laga.

“Meski Jawa Barat dan DKI Jakarta tampil superior di ajang multievent dua tahunan edisi yang sebelumnya, namun tak dapat dimungkiri, saat ini, kami mengakui kualitas Detrina masih yang terbaik. Dan hal itu dibuktikan dengan sumbangsihnya lewat raihan satu medali emas,” tambah Andriansyah sebagaimana dikutip Tim Humas Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Sabtu.

Untuk sementara, kontingen DKI Jakarta masih memimpin perolehan medali cabang olahraga karate pada Popnas XIV 2017 pada hari pertama dengan dua medali emas dan satu medali perunggu. Banten menguntit di posisi kedua dengan dua emas. Sementara itu, Jateng selaku tuan rumah harus puas menempati urutan ketiga.

Andriansyah berharap, pada hari kedua, Minggu (17/9/2017) ini, tim karateka pelajar Jateng mampu kembali menyumbang satu medali tambahan dari kumite under 55 kg putra lewat Wahyu Mukti Wijaya. Pasalnya, siswa kelas XI SMAN 11 Semarang itu merupakan wakil Jawa Tengah pada ajang AKF lalu yang mampu meraih medali emas.

Di ajang Popnas kali ini, Jawa Tengah menurunkan 18 karateka terbaiknya, yang terdiri dari sembilan atlet putra dan 9 atlet putri. Dari 16 kelas yang dipertandingkan dalam Popnas XIV 2017 ini, kontingen Jateng optimistis mampu menyumbangkan minimal dua medali emas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya