SOLOPOS.COM - Tim basket putri Jateng (biru) saat bertanding melawan Kalbar di GOR Sahabat Jumat (15/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Tim Humas Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 tak mulus dilakoni tim bola basket putri Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG Tim bola basket putri Jawa Tengah secara mengejutkan takluk dari putri Kalimantan Barat pada laga lanjutan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jateng 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bertanding di GOR Sahabat Semarang, Jumat (15/9/2017), Nia Titin Sulistyarini dkk. menyerah 58-65 atas tim bola basket popnas Kalbar.  Dengan hasil ini, tim bola basket putri Jateng harus menang dari DKI Jakarta jika ingin langsung lolos ke babak berikutnya.

Dalam laga tersebut, pemain Kalbar Natalia Vivi menjadi motor kemenangan timnya dengan torehan double-double (19 poin dan 18 rebound). Adapun di kubu tuan rumah double-double dari Maria Karin (11 poin dan 12 rebound) tak mampu menyelamatkan provinsi ini dari kekalahan. Sejak kuarter pertama bergulir, Kalbar langsung menekan pertahanan tim besutan Amatus Agung.

Kecepatan Natalia Vivi dan tembakan tiga angka dari Adela, Michelle Noreta, dan Imelda Brilianti tak bisa dibendung oleh anak-anak Jateng. Pada kuarter pembuka, tim besutan Nico Putra unggul dengan 19-10. Memasuki kuarter kedua, Jateng belum mampu keluar dari tekanan Kalbar. Bahkan, lawan makin menguasai permainan dan unggul 36-18 di paruh pertama.

Seusai rehat, permainan cepat yang dikembangkan oleh anak-anak Kalbar tak bisa diimbangi Jateng di kuarter ketiga dan keempat. Kalbar menutup pertandingan dengan 65-58. Asisten manajer tim Jateng Xaverius Wiwid mengakui pemainnya bermain di bawah form. Sistem pertahanan tak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

”Kali ini semua pemain bermain sangat buruk. Pertahanan dan akurasi tembakan sangat jelak. Ini yang akan kami evaluasi untuk menghadapi DKI Jakarta di laga berikutnya. Ini penampilan terburuk anak-anak di Popnas ini,” tutur mantan pelatih tim basket putri PON XVIII dan XIX Jateng itu seusai laga.

Sementara itu pelatih Kalbar Nico Putra mengatakan, kunci kemenangan timnya adalah bermain lepas dan tanpa beban. ”Jateng salah satu tim unggulan dalam Popnas ini. Saya hanya menekankan kepada pemain tampil lepas. Kemenangan ini sangat kami syukuri,” tandas Nico seperti dikutip Tim Humas Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya