SOLOPOS.COM - Ilustrasi laga sanda pada pertandingan cabang olahraga wushu. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Popnas 2017 hanya mempertandingkan wushu sebagai eksibisi, namun karena dibarengkan kejurnas maka 469 atlet wushu bakal terlibat.

Semarangpos.com, SEMARANG — Cabang olahraga wushu memang hanya berpedikat eksibisi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 di Jawa Tengah, Minggu-Kamis (10-21/9/2017) mendatang. Namun 469 atlet wushu bakal meramaikan pesta olahraga multievent khusus pelajar Indonesia itu karena dilaksanakan bersamaan dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Junior Wushu 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

[Baca juga Wushu Popnas Jateng Sekaligus Kejurnas Junior]

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua Harian Pengurus Wushu Indonesia Provinsi Jawa Tengah Sudarsono di Kota Semarang, Jumat (8/9/2017), mengatakan ada dua jenis kelas yang dipertandingkan dalam event dalam Popnas XIV sekaligus Kejurnas Junior Wushu 2017 di Jateng tersebut, yakni sanda (pertarungan) dan taolu (Peragaan jurus).

Atlet dari 15 provinsi yang masing-masing terbagi dalam 358 orang dari kelas taolu dan 111 di kelas sanda bakal terlibat dalam Popnas XIV sekaligus Kejurnas Junior Wushu 2017 itu. “Masing-masing kelas ini akan mempertandingkan sejumlah nomor,” katanya.

Ia menjelaskan untuk eksibisi Popnas, kelas Taolu akan mempertandingkan nomor untuk atlet dengan usia 13 hingga 15 tahun dan Sanda untuk atlet berusia 15 hingga 17 tahun. Sementara itu, untuk Kejurnas Wushu Junior 2017, akan dipertandingkan kelas taolu junior A, B, dan C, serta sanda untuk pra-junior dan usia 15 tahun hingga 17 tahun.

[Baca juga Pembukaan Popnas Jateng Dimeriahkan Judika dan D’Masiv]

Menurut dia, kejurnas dan eksibisi Popnas XIV 2017 di Jateng itu sengaja digelar bersamaan agar tidak memberatkan pengurus daerah dalam mengirim atlet. “Kalau digelar terpisah, pengurus daerah biasanya enggan mengirim atlet ke eksibisi popnas,” katanya.

Nantinya, kata dia, atlet yang berlaga di eksibisi Popnas juga memungkinkan ikut dalam kejurnas junior wushu. Ia memastikan jadwal pertandingan antara kedua even tersebut tidak akan bertabrakan. Kejurnas dan eksibisi Popnas XIV 2017 akan digelar di Tenis Hall Perumahan Graha Padma Semarang, Kota Semarang, Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya