Popda Kota Semarang Libatkan 1.500 Atlet

Popda Kota Semarang Libatkan 1.500 Atlet

SOLOPOS.COM - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto menyematkan jaket secara simbolis kepada para peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Semarang 2018, di Stadion Citarum, Kota Semarang, Jateng, Selasa (20/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Setda Kota Semarang)

Popda Kota Semarang digelar 20-28 Februari mendatang dengan melibatkan 1.500 atlet.

Solopos.com, SEMARANG — Sekitar 1.500 atlet pelajar dari berbagai sekolah mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Semarang 2018 yang berlangsung mulai 20-28 Februari mendatang. "Kegiatan Popda ini untuk mempersiapkan atlet yang nantinya jika menjadi juara akan bertanding di tingkat provinsi," kata Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (20/2/2018).

Pembukaan gelaran Popda yang diikuti kalangan pelajar mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat itu berlangsung di Stadion Citarum Semarang. Agus menjelaskan Popda merupakan kegiatan olahraga rutin dari tahun ke tahun untuk kalangan atlet pelajar yang diharapkan bisa menghindarkan mereka dari pengaruh-pengaruh negatif.

Diakuinya, pengaruh negatif, seperti penyalahgunaan narkoba sekarang ini marak di tengah masyarakat dengan menyasar, khususnya kalangan generasi muda yang menjadi penerus bangsa. Artinya, kata dia, kegiatan olahraga, apalagi dengan kompetisi semacam itu akan menjadi salah satu upaya untuk mengasah generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

"Ya, sekaligus mempersiapkan mereka secara jiwa dan raga untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa. Kader-kader seperti mereka ini yang dibutuhkan bangsa dan negara," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda, Olahraga, dan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang Nur Syamsi menyebutkan ada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Popda Kota Semarang 2018. "Ada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan untuk tingkat SD dan sederajat, kemudian untuk sekolah menengah pertama [SMP] dan sederajat ada 22 cabang olahraga yang dipertandingkan," katanya.

Kemudian, kata dia, untuk jenjang SMA, sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliyah (MA) terdapat sebanak 25 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang tersebut. Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain karate, pencak silat, taekwondo, senam, sepak bola, sepak takraw, panahan, atletik, bulu tangkis, voli, renang, dan tenis meja.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.