SOLOPOS.COM - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto menyematkan jaket secara simbolis kepada para peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Semarang 2018, di Stadion Citarum, Kota Semarang, Jateng, Selasa (20/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Setda Kota Semarang)

Popda Kota Semarang digelar 20-28 Februari mendatang dengan melibatkan 1.500 atlet.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekitar 1.500 atlet pelajar dari berbagai sekolah mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Semarang 2018 yang berlangsung mulai 20-28 Februari mendatang. “Kegiatan Popda ini untuk mempersiapkan atlet yang nantinya jika menjadi juara akan bertanding di tingkat provinsi,” kata Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Semarang Agus Riyanto di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (20/2/2018).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Pembukaan gelaran Popda yang diikuti kalangan pelajar mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat itu berlangsung di Stadion Citarum Semarang. Agus menjelaskan Popda merupakan kegiatan olahraga rutin dari tahun ke tahun untuk kalangan atlet pelajar yang diharapkan bisa menghindarkan mereka dari pengaruh-pengaruh negatif.

Ekspedisi Mudik 2024

Diakuinya, pengaruh negatif, seperti penyalahgunaan narkoba sekarang ini marak di tengah masyarakat dengan menyasar, khususnya kalangan generasi muda yang menjadi penerus bangsa. Artinya, kata dia, kegiatan olahraga, apalagi dengan kompetisi semacam itu akan menjadi salah satu upaya untuk mengasah generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

“Ya, sekaligus mempersiapkan mereka secara jiwa dan raga untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa. Kader-kader seperti mereka ini yang dibutuhkan bangsa dan negara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda, Olahraga, dan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang Nur Syamsi menyebutkan ada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Popda Kota Semarang 2018. “Ada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan untuk tingkat SD dan sederajat, kemudian untuk sekolah menengah pertama [SMP] dan sederajat ada 22 cabang olahraga yang dipertandingkan,” katanya.

Kemudian, kata dia, untuk jenjang SMA, sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliyah (MA) terdapat sebanak 25 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang tersebut. Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain karate, pencak silat, taekwondo, senam, sepak bola, sepak takraw, panahan, atletik, bulu tangkis, voli, renang, dan tenis meja.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya