SOLOPOS.COM - Tampilan OS Ubuntu dalam ponsel ( arstechnica.net)

Solopos.com, SOLO--Satu nama lagi masuk persaingan perangkat sistem operasi ponsel pintar. Ubuntu dikabarkan akan segera meluncur ke pasaran tahun ini.

Dilansir TechCrunch, Jumat (10/1/2014), Community Manager Ubuntu, Jonathan Edward James Bacon dalam sebuah sesi tanya jawab di situsnya mengkonfirmasi sistem operasi Ubuntu akan diproduksi oleh beberapa OEM (Original Equipment Manufacturer) dan tertanam di sejumlah ponsel.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Saya yakin di tahun 2014 Anda akan melihat sejumlah ponsel Ubuntu beredar di pasaran. Saya tidak bisa mengatakan rencana itu saat ini, tapi saya bisa memberitahu Anda bahwa sesuatu yang luar biasa sedang terjadi,” kata Bacon.

Sayangnya Bacon tidak merinci ponsel merk apa saja yang akan menggunakan sistem operasi ini.  Bacon hanya mengatakan sejumlah operator telekomunikasi dan pabrikan ponsel tertarik dengan ponsel dengan basis Ubuntu.

Bacon juga menyatakan perusahaan pengembang Ubuntu saat ini, Canonical menyiapkan rencana cadangan dengan memproduksi ponsel sendiri. Jadi tidak ada alasan Ubuntu untuk tidak tampil bersaing dengan sistem operasi lain.

Beberapa ponsel Ubuntu dikatakan bakal dijual eksklusif untuk pasar dan operator tertentu. Selain itu, ponsel Ubuntu ini juga ada yang dijual secara online tanpa kontrak operator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya