SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi membaca Alquran. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL-Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur di Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon Bantul tahun ini mewakili Kabupaten Bantul ke tingkat DIY dalam lomba Ponpes berwawasan lingkungan.

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, KH Muslim Nawawi mengatakan, berbagai kegiatan berwawasan lingkungan sudah digagas dan diupayakan warga Ponpes An-Nur selama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Misalnya gerakan penanaman pohon untuk menghijaukan lingkungan, perikanan, pengelolaan bank sampah serta disediakannya area khusus merokok agar tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

“Sehingga tidak dijumpai adanya perokok yang menghisap rokoknya secara sembarangan di lingkungan pesantren”, tegas KH Muslim Nawawi, Kamis (12/6/2014).

Pada Kamis (12/6/2014) pula, tim evaluasi lomba Ponpes berwawasan lingkungan tingkat DIY melakukan penilaian ke Bantul. Rombongan tim itu diterima Staf Ahli Bupati Bantul Maman Permana, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Edy Susanto, Muspika Sewon serta perwakilan Ponpes An-Nur. Maman Permana menyatakan, upaya pelestarian lingkungan membutuhkan kerja sama berbagai pihak tidak hanya pemerintah.

“Karena kalau hanya mengandalkan pemerintah sangat sulit, danannya terbatas jadi butuh kerja sama berbagai pihak,” jelas Maman. Pemkab Bantul juga mengapresiasi keterpilihan Ponpes An-Nur mewakili daerah ini maju ke tingkat DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya