SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, bersiap menyambut kepulangan Abu Bakar Baasyir.

Mereka tak terpengaruh polemik yang bergulir terkait pembebasan narapidana terorisme itu. Pantauan Solopos.com, Selasa (22/1/2019), sejumlah pekerja telah mendirikan tenda di depan Masjid Baitussalam kompleks ponpes tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka juga memindahkan beberapa peralatan sound system di sekitar masjid. Sebelumnya, Polres Sukoharjo telah melakukan rapat koordinasi dengan pengurus ponpes untuk membahas pengamanan kepulangan Abu Bakar Baasyir.

Humas Ponpes Al Mukmin, Muchson, mengatakan penyambutan Abu Bakar Baasyir bakal dipusatkan di Masjid Baitussalam yang memiliki daya tampung sekitar 1.000 orang. Prosesi penyambutan bakal diikuti para santri, karyawan dan pengasuh ponpes.

“Kami juga mengantisipasi banyaknya simpatisan maupun warga yang ingin menyambut kepulangan Abu Bakar Baasyir. Tenda didirikan di depan masjid untuk mengantisipasi jika terjadi hujan lebat,” kata dia saat ditemui wartawan, Selasa.

Muchson meyakini Abu Bakar Baasyir yang mendekam Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, segera menghirup udara segar. Rencananya, Abu Bakar Baasyir tiba di ponpes pada Rabu (23/1/2019) sore hari.

Pengurus ponpes tak terpengaruh polemik pembebasan Abu Bakar Baasyir yang masih bergulir. “Kami masih menunggu informasi jelas dari Ustaz Iim [Abdul Rochim Baasyir] yang masih di Jakarta. Kami mengabaikan pernyataan Pak Wiranto [Menkopolhukam]. Hanya satu pintu informasi dari Ustaz Iim,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Sarana Ponpes Al Mukmin, Muhammad Sholeh Ibrahim, menyatakan penyambutan Abu Bakar Baasyir melibatkan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Solo dan sekitarnya. Mereka bakal ikut mengamankan rute perjalanan rombongan Abu Bakar Baasyir menuju ponpes.

Sholeh juga telah berkoordinasi dengan Polres Sukoharjo untuk pengamanan kepulangan Abu Bakar Baasyir. “Para santri dan elemen umat muslim bakal dilibatkan saat penyambutan kepulangan Abu Bakar Baasyir. Kemungkinan beliau tiba di ponpes pada Rabu sore hari,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya