SOLOPOS.COM - Ilustrasi zona Covid-19. (freepik)

Solopos.com, PONOROGO -- Setelah beberapa waktu menyandang status zona oranye dalam persebaran Covid-19, saat ini Kabupaten Ponorogo berubah status menjadi daerah berzona kuning. Status zona kuning ini artinya termasuk daerah dengan risiko rendah dalam persebaran Covid-19.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan saat ini Ponorogo berstatus zona kuning dalam persebaran Covid-19. Menurutnya, perubahan ini patut disyukuri karena di Jawa Timur hanya ada 10 kabupaten/kota yang dianggap berhasil mengendalikan persebaran Covid-19 hingga ditetapkan sebagai zona kuning.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pilkada Solo: Bajo Lolos Syarat Dukungan, Duet Tukang Jahit-Ketua RW Tantang Gibran-Teguh

Selain Ponorogo, kata Ipong, daerah yang menjadi zona kuning yaitu Bangkalan, Pamekasan, Kota Kediri, Trenggalek, Situbondo, Kabupaten Madiun, Sampang, Tulungagung, dan Lumajang.

Sedangkan 26 kabupaten/kota di Jawa Timur lainnya merupakan zona oranye dan dua daerah lain sebagai zona merah persebaran Covid-19.

“Meski ditetapkan sebagai zona kuning, masyarakat jangan lengah dan abaikan protokol kesehatan. Tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” jelas dia, Jumat (21/8/2020).

Bawa Nama Megawati, Golkar Klaten: Pasangan Sri Mulyani & Yoga Hardaya di Pilkada Sudah Fixed!

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Rahayu Kusdarini, mengatakan penetapan zona kuning ini mengindikasikan bahwa angka penularan Covid-19 di Ponorogo sudah melandai. Meski demikian, dia berharap masyarakat tidak boleh lengah dan tetap harus waspada.

“Tetap harus waspada. Caranya dengan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan,” kata dia.

Ditolak di Bonagung Sragen, Pabrik Sepatu Pernah Gagal Dibangun di Sambungmacan & Sumberlawang

Untuk saat ini kasus Covid-19 di Ponorogo sebanyak 231 orang. Dengan 212 pasien sudah dinyatakan sembuh dan enam pasien meninggal dunia. Sampai saat ini pasien yang masih menjalani isolasi ada 13 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya