SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Jembatan Paras yang berada di aliran Sungai Gandul di Desa Paras, Kecamatan Cepogo terancam ambrol setelah pondasi bawah jembatan itu terkikis cukup parah oleh lahar dingin Gunung Merapi.  Karena dianggap dapat membahayakan pengguna jalan, aparat Desa Paras memblokade jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cepogo dengan Kecamatan Musuk ini sejak kurang lebih sepekan lalu.

Hingga Senin (6/12), pondasi bawah jembatan yang terlihat kokoh dari atas ini pondasi bawahnya sudah tergerus sedalam lebih dari satu sampai dua meter.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Desa Paras, Darsono, mengutarakan lahar dingin Merapi yang mulai menerjang sejak 1 Desemer lalu telah mengakibatkan beberapa bagian pondasi bawah jembatan berukuran 4 x 10 meter itu empat kali ambrol. Tanggul penahan lahar dingin yang berada sebelum jembatan sudah lebih dulu hancur, sehingga terpaan lahar dingin tak terkendali.

“Jalan kami tutup khususnya untuk mobil truk, kalau bagi pengendara sepeda motor masih boleh dilalui namun harus hati-hati,” papar dia, saat ditemui di ruang kerjanya.

Sejak sepekan lalu Kali Gandul yang sebelumnya lebih berupa jurang itu dialiri lahar dingin karena curah hujan di puncak Merapi cukup tinggi. Menurut Darsono, tidak lebih dari 1,5 bulan jembatan itu bakal ambrol jika situasi alam tak berubah dan tak ada upaya pencegahan dari Pemkab.

kha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya