SOLOPOS.COM - ilustrasi (arthursclipart.org)

PON XIX, Baseball di DIY mendapatkan suntikan dana

Harianjogja.com, JOGJA-Setelah sempat mengumumkan lempar handuk dalam keikutsertaannya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, pengurus cabang olahraga (cabor) baseball mendapatkan angin segar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui Pelatih Baseball DIY Pradita Satya Ananda, diungkapkan adanya suntikan dana sebesar Rp64,2 juta. Meski belum bisa menutup keseluruhan biaya yang mencapai Rp246 juta lebih, namun setidaknya itu menjadi pemicu semangat mereka untuk terus mencari tambahan dana.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami bersyukur dapat suntikan dana dari donatur sebesar Rp 64,2 jutaan untuk berangkat ke PON. Memang belum cover semuanya dan kami masih mencari separuhnya [secara mandiri] sekitar Rp59 jutaan dengan meminta waktu sedikit lagi. Kami nggak malu meski harus usaha dengan menempuh cara meminjam sekalipun, karena jujur saja pengurus [Perbasasi DIY] sudah angkat tangan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (20/7/2016).

Terkait hal itu, dirinya pun merasa kecewa dengan sikap pengurus yang tidak bersikap gentle, dengan tidak memberikan informasi yang jelas kepada para atlet.

Padahal dalam Pra-PON sebelumnya pihaknya yang sempat mendapatkan dana dari KONI DIY sudah berusaha mengalah dengan memberikan sisa dana penghematan sekitar Rp30 jutaan untuk pelatihan dan pembelian peralatan bagi subcabor softball.

Praktis dengan demikian, baseball tidak memiliki dana cadangan sedikitpun untuk membeli peralatan batt kayu yang dinilai krusial untuk dibutuhkan dalam menghadapi PON mendatang.

Padahal dalam pertandingan nantinya, batt kayu diketahui jelas akan dipergunakan. Sedangkan sejauh ini, tim baseball PON XIX 2016 DIY hanya bisa berlatih dengan menggunakan batt aluminium. Sedangkan tiga batt kayu yang ada telah rusak.

Berbeda dengan aluminium, penggunaan batt kayu sendiri memang membutuhkan pelatihan khusus. Mengingat ada tenaga yang harus disalurkan, baru kemudian dapat memantulkan bola yang dilemparkan oleh pitcher. Untuk diketahui, harga satu batt kayu sendiri paling murah sekitar Rp 1,2 juta.

“Uang [dari donatur] akan kami serahkan langsung ke KONI DIY rencananya besok [21/7/2016], nggak lewat Perbasasi. Saya sudah sampaikan ke Pak Bagus [Ketua Umum Perbasasi DIY] kalau kami dapat suntikan dana untuk berangkat dan beliau memberikan restu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya