SOLOPOS.COM - Pembukaan PON

Pembukaan PON

PEKANBARU- Lagu Indonesia Raya diikuti pancaran warna-warni tembakan kembang api di Stadion Utama Riau, menjadi penanda pembukaan PON XVIII di Pekanbaru, Riau, Selasa malam. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono, duduk di podium utama menyaksikan prosesi itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa artis menarikan silat dalam pemahaman persatuan nasional di lapangan sepakbola yang malam itu disulap menjadi arena pentas budaya pembukaan PON Riau itu. Menghargai kekayaan budaya setempat, SBY tampil dalam busana telok belanga ungu sebagaimana warna sama oleh Kristiani Yudhoyono.
SBY dan rombongan baru saja kembali dari KTT APEC 2012 di Vladivostok, Rusia. Koreografi upacara pembukaan berjalan baik dari menit ke menit berlatar permainan tata cahaya yang memesona. Malam itu, kerumitan dan kegalauan pelaksanaan PON Riau yang juga diserius disorot KPK itu seolah sirna.
Dalam sambutannya SBY meminta ajang PON ke-18 dimanfaatkan sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Selain itu juga terus meningkatkan prestasi olahraga di kawasan Asia Tenggara. “Seperti dalam Sea Games beberapa waktu lalu kita mendapat prestasi yang bagus. Prestasi inilah yang harus terus ditingkatkan lewat PON,” kata dia.
Usai sambutan, selanjutkan dibacakan janji atlet dan janji wasit.Sejumlah artis papan atas seperti Judika, Ungu juga ikut memeriahka pembukaan PON. Pesta kembang api dan permainan laser menjadi tontonan yang menghibur.
Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, mengakui berbagai kekurangan dan ketidakberesan yang masih terjadi di banyak arena olahraga di PON itu. Di antaranya adalah lapangan tembak yang “minimalis” alias belum siap digunakan namun dinyatakan Wakil Presiden Boediono telah bisa dipergunakan.

Kalau di dalam stadion suasananya gegap gempita, maka di luar tidak demikian. Akses utama menuju Stadion Utama Riau, Pekanbaru di Jalan SM Amin, menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional XVIII, pada Selasa sore sangat padat dipenuhi kendaraan roda dua atau roda empat; macet total di mana-mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya