SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

PON 2016 menjadi pembuktian bagi kontingen Jawa Tengah.

Harianjogja.com, SEMARANG — Ketua Umum KONI Jawa Tengah Hartono memprediksi bahwa kontingen daerahnya akan tetap berada di peringkat keempat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, 17-29 September 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hartono kepada wartawan mengatakan, target Jateng pada PON mendatang bisa meraih 60 medali emas dan diperkirakan tetap berada pada peringkat keempat di bawah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan, hal itu berdasarkan hitung-hitungan yang dilakukan Jawa Tengah dengan melihat jumlah medali emas yang disediakan kemudian hasil yang dicapai pada PON XVIII/2012 Riau.

Ia menjelaskan, jumlah medali emas yang diperebutkan pada pesta olahraga multicabor empat tahunan di Jawa Barat 755 keping. Tuan rumah Jawa Barat diperkirakan akan meraup 20 persen dari total medali emas yang diperebutkan 151 emas, kemudian DKI Jakarta sekitar 19 persen dari jumlah medali emas sebanyak 143 emas.

Jawa Timur, kata dia, diperkirakan meraih 15 persen dari total jumlah medali emas yang diperebutkan atau sekitar 114 emas. Jawa Tengah pada PON XVIII/2012 Riau meraih 47 emas dari total medali emas yang diperebutkan saat itu sebanyak 600 medali emas atau sekitar 7,7 persennya.

“Kalau kita tetap mendapatkan 7,7 persen di Jawa Barat maka kisarannya akan meraih 59 medali emas. Yang justru menjadi pesaing kita pada PON di Jabar tersebut adalah Kalimantan Timur, Riau, dan Sumatera Selatan karena mereka ‘all out’ mempersiapkan diri untuk tampil di Jabar. Mereka diprediksi akan meraih medali emas antara 50 hingga 55 keping,” katanya, di Semarang, Rabu (14/9/2016).

Di samping itu, kata dia, target 60 medali emas tersebut berdasarkan hasil dari babak kualifikasi menjelang PON XIX yaitu meraih 75 medali emas, 85 medali perak, dan 57 medali perunggu.

Ketika ditanya cabang olahraga yang diharapkan memberikan kontribusi yang besar untuk mencapai target meraih 60 medali emas tersebut, kata dia, cabang olahraga bela diri diharapkan bisa menjadi penyumbang medali emas. Dari cabang olahraga bela diri seperti karate, taekwondo, judo, pencak silat, tarung drajat, wushu, termasuk anggar diharapkan bisa menyumbang 16 keping medali emas.

“Secara umum kita berharap 27 cabang olahraga yang diikuti Jawa Tengah bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen di PON Jabar,” katanya.

Pada PON XIX/2016 Jawa Barat, Jateng akan menerjunkan 611 atlet dari 41 cabang olahraga, sedangkan PON-nya sendiri mempertandingkan 44 cabang olahraga. Jateng tidak ikut di tiga cabang olahraga yaitu sofbol/bisbol dan drum band karena tidak lolos kualifikasi serta ski air karena memang tidak mengirimkan atletnya.

Kontingen Jawa Tengah berangkat dalam beberapa rombongan bahkan atlet dari cabang olahraga sepak bola, renang sudah berangkat terlebih dulu karena mereka memainkan pertandingan lebih awal. Cabang olahraga renang, Rabu, sudah memulai memperebutkan medali emas sedangkan cabang sepak bola juga memainkan pertandingan antara Jateng melawan tuan rumah Jawa Barat, kemudian rombongan besar akan berangkat ke Jawa Barat pada Kamis (15/9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya