SOLOPOS.COM - Atlet sepatu roda Jateng, Denta Iswara Kiranasari (kiri) meraih medali perak nomor 500 meter ITT, emas diraih Devina, Jabar (tengah), dan Aradhana Wikanesti dari DIY medali perungggu pada penyerahan medali di GOR Saparua, Bandung, Kamis (22/9). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

PON 2016 diwarnai dengan Kontingen Jateng yang gagal meraih medali emas di cabang sepatu roda.

Solopos.com, BANDUNG – Medali emas cabang sepatu roda nomor 500 meter individual time trial (ITT) putri berhasil digenggam wakil Jawa Barat. Namun Kontingen Jawa Tengah mengklaim seharusnya medali emas menjadi milik wakil mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Medali emas yang seharusnya menjadi milik atlet Jateng, Denta Iswara Kiranasari akhirnya jatuh ke tangan atlet Jabar, Devina Pramudita. Menurut pelatih sepatu roda Jateng, Arif Rahman, berdasarkan catatan timnya waktu yang dimiliki  Denta adalah 46.266 detik sedangkan catatan waktu Devina 46.945 detik.

“Tapi oleh panitia pertandingan waktunya berubah, Denta menjadi 46.296 detik dan waktu Devina menjadi 46.266 detik,” katanya kepada Solopos.com, seusai pertandingan.

Meski dicurangi, Arif menegaskan tim sepatu roda Jateng tidak melakukan protes kepada panitia pertandingan karena dirasa percuma. Menurutnya, terdengan sebuah informasi yang menyebut ada kesepakatan tidak tertulis sebelum pertandingan, bahwa untuk nomor 500 meter ITT putra dan putri, 300 meter ITT putri dan putri menjadi jatah tuan rumah Jabar.

Kesepakatan yang dibuat sebelum PON itu disetujui provinsi lain karena bila keinginan Jabar tidak ditururi cabang sepatu roda tidak akan dipertandingkan. “Kami merasa kecewa karena perjuangan tim sepatu roda Jateng yang telah melakukan persiapan sejak 2012 menjadi sia-sia,” tandasnya.

Pada pertandingan yang disaksikan Ketua Umum KONI Jateng, Hartono, cabang olahraga sepatu roda hanya menyumbangkan satu medali perak dan satu medali perunggu. Medali perunggu diraih Riski Adyan Prasasti pada nomor 300 meter ITT putri. Sedangkan empat medali emas yang diperebutkan pada hari pertama cabang olahraga sepatu roda yakni nomor 300 meter ITT putra dan putri serta 500 meter ITT putra dan putri disapu bersih atlet Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya