SOLOPOS.COM - Maskot PON (pon-peparnas2016jabar.go.id)

PON 2016 segera digelar.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemda DIY menyiapkan dana Rp3 miliar untuk bonus atlet peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung 17-29 September mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan, besaran bonus kali ini lebih tinggi daripada PON XVIII 2012, yakni sebesar Rp2,4 miliar.

“Untuk PON besok diusulkan Rp3 miliar dari APBD DIY, namanya Bonus dari Gubernur,” katanya, usai peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2016 di Stadion Mandala Krida, Jumat (9/9/2016).

Peningkatan jumlah ini, menurutnya tergantung dari pengajuan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY. Adapun penyerahan bonus tersebut dilakukan bersamaan dengan pemberian bonus atlet Peparnas di Bogor 15 hingga 24 Oktober 2016. Adapun besaran bonus untuk Peparnas adalah sebesar Rp900 juta.

Baskara Aji mengakui, besaran nominal bonus PON ini lebih kecil dibandingkan dengan daerah lain di Jawa. Jawa Tengah dikabarkan menyiapkan Rp25 miliar. Menurut Baskara, alokasi DIY menyesuaikan dengan kemampuan daerah.

Saat ini, DIY juga tidak memiliki potensi perusahaan besar yang bisa bekerjasama atau mendukung dana untuk pemberian bonus. “Pemda DIY telah mengoptimalkan anggaran, dan kemampuan kami sebesar ini,” jelasnya.

Kontingen DIY pada PON XIX diperkuat sebanyak 323 atlet. Jumlah tersebut lebih besar daripada PON sebelumnya, yang hanya diisi oleh 206 atlet. Dengan peningkatan jumlah atlet maupun bonus ini, Baskara menargetkan ada peningkatan medali. Selama ini, disebutkan target medali 15 keping.

Baskara yakin para atlet DIY yang diberangkatkan dalam PON adalah atlet terbaik yang diprediksi bisa meraih medali. “PON adalah ajang meraih prestasi oleh atlet yang dapat diandalkan untuk mendapatkan medali. Kalau ajang pembinaan, itu dilaksanakan di kejuaraan daerah,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya