SOLOPOS.COM - Chris John penggagas Indonesia Boxing Championship. (JIBI/Solopos/Antara)

PON 2016 digelar.

Harianjogja.com, BANDUNG — Mantan juara dunia tinju kelas bulu (57,1 kilogram) WBA Chris John ditunjuk sebagai sebagai Duta Wushu Indonesia.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Penunjukan Chris John sebagai Duta Wushu Indonesia tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Supandi Kusuma di sela-sela pertandingan cabang wushu Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di GOR Pajajaran Bandung, Selasa (20/9/2016).

“Sebelum menjadi petinju Chris John adalah atlet wushu dan memulai kariernya di dunia wushu (nomor sanda atau perkelahian),” kata Supandi Kusuma.

Menurut dia, sebagai Duta Wushu Indonesia, Chris John bertugas menyosialisasikan cabang olahraga wushu di Tanah Air.

Sebagai Duta Wushu Indonesia, Chris John menerima semacam cendera mata yang diserahkan langsung oleh Supandi Kusuma sebelum upacara penghormatan pemenang kepada para atlet peraih medali PON nomor taulo.

Chris John menyatakan penunjukan dirinya sebagai Duta Wushu Indonesia merupakan kehormatan besar baginya. “Saya akan melaksanakan tugas tersebut,” katanya.

Sebelum mengawali sebagai petinju, Chris John yang memegang gelar Super Champions di kelas bulu WBA karena mampu mempertahankan gelarnya selama 10 kali berturut-turut memulai karier sebagai atlet wushu khususnya nomor sanda (dulu namannya sanshou).

Istrinya, Anna Maria Megawati, adalah mantan atlet wushu Jawa Tengah untuk nomor taulo (kerapihan jurus).

Semasa menjadi atlet wushu nomor sanda, Chris John telah mengukir prestasi baik di tingkat nasional dan internasional. Ia meraih medali emas pada SEA Games 1997 di Jakarta dan medali perunggu pada SEA Games 2001 di Malaysia.

Ayah dari Maria Luna Ferisha dan Maria Rossa Christiani ini juga meraih medali emas saat membela Jawa tengah pada PON 2000 di Surabaya, Jatim.

“Setelah itu saya masih sempat bertanding di berbagai ‘event’ nasional dan internasional tetapi setelah 2003 saya sudah tidak lagi menjadi atlet wushu karena saat itu saya menjadi juara dunia kelas bulu WBA,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya