Tutup Iklan

PON 2016 : Bonus Atlet Solo Belum Jelas

PON 2016 : Bonus Atlet Solo Belum Jelas

SOLOPOS.COM - Paulus Haryoto

PON 2016 diikuti sejumlah atlet Solo.

Solopos.com, SOLO — Bonus bagi atlet Solo peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat (Jabar) belum cair. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dikabarkan belum memastikan nominal bonus yang diberikan pada atlet berprestasi. Di sisi lain, tali asih dari Pemkot Solo juga masih menunggu proses pencairan.

Sejumlah atlet Kota Bengawan meraih prestasi gemilang dengan menyumbangkan medali emas seperti Sapto Purnomo (pencak silat kategori Tanding Kelas D : + 60 Kg s/d 65 Kg Putra) dan Felicia Angelica (renang kategori 200 meter gaya dada). Felicia juga meraih medali perak pada kategori 50 meter gaya dada.

Medali perak lain disumbangkan taekwondoin Muhammad Hafiz yang turun di kelas poomsae beregu putra dan Vonny Dian Permatasari di kelas kyurugi 62 kg. Adapun Ade Kumarasandi meraih perunggu di kelas kyurugi 87 kg. Selain itu ada sejumlah atlet Solo lain yang meraih medali.

Komisi IV DPRD Solo yang membidangi masalah olahraga beberapa waktu berkoordinasi dengan Pemprov Jateng ihwal bonus para atlet. Namun legislator belum mendapat jawaban yang memuaskan. Menurut Wakil Ketua Komisi IV, Paulus Haryoto, Pemprov belum memutuskan nominal bonus yang bakal dikucurkan.

“Bonusnya sudah disiapkan, cuma nominal dan kapan pencairannya belum jelas,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (4/10/2016).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pada PON XVIII 2012 Pemprov menggelontor bonus Rp150 juta untuk peraih medali emas, Rp50 juta perak dan Rp20 juta perunggu. Sedangkan nominal bonus untuk nomor beregu disesuaikan jumlah atletnya. Paulus belum tahu apakah bonus pada PON tahun ini nilainya sama atau lebih tinggi dibanding PON sebelumnya.

Hanya saja, Pemprov pernah mewacanakan bonus senilai Rp200 juta bagi peraih medali emas. “Daerah hanya bisa menunggu,” kata dia.

Lebih jauh, Paulus memastikan tali asih dari Pemkot juga sudah disiapkan bagi atlet berprestasi. Pemkot mengalokasi Rp5 juta untuk peraih medali emas, Rp3 juta medali perak dan Rp2 juta medali perunggu. “Dana ada. Lebih jelasnya bisa ke KONI Solo,” tutur Paulus.

Sementara itu, Ketua KONI Solo, Gatot Sugiartono, belum dapat dihubungi hingga Selasa sore. Sebelumnya Gatot mengatakan Pemkot bersama KONI bakal menyediakan tali asih untuk para peraih medali. Solo memberangkatkan 59 atlet yang tergabung dalam 17 cabang olahraga di PON Jabar. Dalam PON kemarin, KONI menargetkan atlet Solo meraih 27 medali emas, 17 medali perak dan tiga perunggu. Hingga kini KONI masih mendata raihan atlet Solo di PON Jabar.

Berita Terkait

Berita Terkini

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.

Prabowo Sebut Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Instruksi Jokowi

Menhan Prabowo Subianto menyebut Jokowi punya grand design pengadaan alutsista dengan perhitungan hingga 25 tahun untuk diwujudkan.

Sang Istri Ikut Panik, Begini Detik-Detik Christian Eriksen Kolaps di Lapangan

Pemain tengah Denmark Christian Eriksen sempat kolaps di tengah lapangan saat laga Denmark melawan Finlandia di Euro 2020.

Prabowo Buka Rahasia Mau Dipinang Jokowi Jadi Menhan

Prabowo Subianto akhirnya blak-blakan menyebut alasannya mau masuk ke Kabinet Jokowi karena ingin bekerja sama mengabdi kepentingan nasional.