Tutup Iklan

PON 2016 : Bonus Atlet Jateng Habiskan Rp16 M APBD

PON 2016 : Bonus Atlet Jateng Habiskan Rp16 M APBD

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Dok.)

PON 2016 membuat sejumlah atlet Jateng menerima bonus dari pemprov setempat, alhasil Rp16 miliar dana APBD terkuras.

Solopos.com, SEMARANG – Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 membuat sebagian atlet Jawa Tengah (Jateng) ketiban rezeki. Para atlet peraih medali emas dalam PON di Jawa Barat (Jabar) itu berhak atas Rp150 juta dana APBD Jateng, sementara untuk peraih perak Rp50 juta dan peraih perunggu Rp20 juta. Total Rp16 miliar dana APBD Jateng habis untuk mereka.

Kendati PON XIX telah lama berlalu, nyatanya bonus itu baru akan cair. Itu pun dicicil, tidak kontan. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membeberkan alasan Pemprov Jateng memberikan bonus bagi para atlet peraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 secara bertahap.

Menurut dia, hal itu dikarenakan total nilai bonus atlet peraih medali melebihi anggaran yang sebelumnya telah disiapkan dalam APBD Jateng 2016. Jumlah anggaran yang disiapkan untuk atlet Jateng peraih medali PON 2016 sesuai APBD 2016 adalah Rp8 miliar. Meski demikian, jumlah ini dipastikan kurang memenuhi total keseluruhan bonus yang diberikan kepada para atlet.

“Totalnya [bonus untuk atlet Jateng peraih medali PON 2016] itu sekitar Rp16 miliar. Sementara kita baru ada [dana] Rp8 miliar. Nah, dari mana dana [kekurangan] itu, otomatis ya diberikan tahun depan. Entah nanti yang Rp8 miliar ini diberikan lebih dulu tahun ini, sisanya tahun depan, Bisa jadi,” terang Ganjar saat dijumpai wartawan di Kantor Gubernur Jateng, Senin (31/10/2016).

Membengkaknya anggaran itu salah satu penyebabnya tak lain naiknya jumlah bonus bagi atlet Jateng peraih medali PON 2016 dibanding saat PON 2012 lalu. Saat PON 2012 lalu, para atlet peraih medali emas di PON 2012 hanya digelontor bonus Rp150 juta, sedangkan perak Rp50 juta dan perunggu Rp20 juta.

Untuk besaran bonus atlet PON 2016 jumlahnya dipastikan mengalami kenaikan daripada PON 2012. Meski demikian, Ganjar belum bisa menyebutkan berapa kenaikan atau jumlah bonus itu. “Saya jumlahnya kurang tahu coba tanya ke KONI [Jateng] ,” terang Ganjar.

Sementara itu, Wakil Ketua II KONI Jateng Bidang Pembinaan dan Prestasi, Sudarsono, saat dihubungi Semarangpos.com masih enggan menyebutkan besarnya bonus bagi para atlet Jateng peraih medali di PON 2016. Meski demikian, ia memastikan jumlahnya lebih besar daripada atlet peraih medali di PON 2012. “Jumlahnya belum bisa kami sebutkan karena masih dalam pembahasan. Nanti kalau sudah pasti akan kami umumkan,” tutur Sudarsono.

Seperti diberitakan Semarangpos.com, sebelumnya pada PON 2016 lalu para atlet Jateng gagal memenuhi ambisinya dalam hal pengumpulan medali. Mereka hanya mampu memboyong 32 medali emas, 56 perak dan 85 perunggu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.