Ilustrasi silat (Solopos-Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO - Atlet pencak silat asal Solo berjaya di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Tengah 2019. Dua universitas di Solo yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi juara umum dan runner up di ajang tersebut.

UNS mendapatkan gelar juara umum dengan torehan lima emas, tiga perak, dan dua perunggu pada kejuaraan yang digelar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada Selasa-Rabu (30-31/7/2019). Sedangkan UMS yang berada di posisi runner up meraih lima emas, satu perak, dan dua perunggu.

Sementara juara III diraih Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan torehan empat emas, dua perak, dan tiga perunggu. Lima emas UNS disumbangkan oleh Wisnu Bayu Murti, Ahmad Zein Fauzi, Bella Serlyana Ayu Putri yang turun di kategori tanding. Sementara dua emas lain diraih Wahyu Nian Tri Firmansyah yang maju di kategori seni tunggal putra dan satu emas dipersembahkan tim UNS yang berlaga di seni beregu putra.

Tahun ini, UMS mencatatkan prestasi yang luar biasa. Lima medali emas seluruhnya disumbangkan dari kategori tanding yaitu Dela Kusumawati, Rasno, Hamzah, Annas Rais A.R, dan Faris Arman S. Jika dikalkulasi, UMS menjadi juara umum kategori tanding Pomprov Jateng 2019.

Pelatih pencak silat UNS, Sayyid Fariz, mengakui kekuatan pencak silat di Jawa Tengah benar-benar merata. Salah satu indikasinya adalah raihan medali UNS hanya menang tipis atas UMS di posisi runner up. "Kami hanya menang selisih medali perak," ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (3/8/2019).

Ia mengatakan lima peraih emas berhak mewakili Jateng di ajang Pomnas di Jakarta, September atau Oktober mendatang. Ia menargetkan seluruh atlet yang lolos membawa pulang medali Pomnas.

"Kami masih bertekad mempertahankan juara umum III di Pomnas. Tapi itu berat karena Jakarta sebagai tuan rumah biasanya mendominasi kategori seni," kata dia.

Sementara itu, pembina pencak silat UMS, Nur Subekti, berharap lima atlet yang maju ke Pomnas bisa meraih prestasi yang lebih dari dari Pomnas 2017. Pada 2017, UMS meloloskan satu atlet yaitu Dela Kusumawati. Atlet tersebut sukses meraih satu emas. Tahun ini, Dela yang kembali lolos ke Pomnas memikul beban berat untuk mengulang sukses.

"Pomnas tahun ini UMS meloloskan lima atlet. Harusnya prestasi di Pomnas lebih baik," kata dia. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten