Polsek Juwiring Pasang Imbauan Jelang Pilkades Serentak Klaten, Ini Isinya
Kertas imbauan Kamtibmas yang dipasang Polsek Juwiring Klaten. (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Polsek Juwiring Klaten memasang surat imbauan di tiga desa di wilayah Juwiring yang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades). Salah satu isi imbauan yakni larangan warga luar desa ikut tahapan pilkades baik sebagai pendukung maupun kader.

Imbauan tersebut tertempel di tiga kantor desa yang menggelar pilkades serentak di Juwiring yakni Desa Juwiran, Kwarasan, serta Tanjung. Ada lima poin pada imbauan yang ditandatangani Kapolsek Juwiring itu.

Pertama, warga dari luar desa dilarang untuk ikut serta dalam tahapan pilkades baik sebagai pendukung maupun kader.

Kedua, apabila masyarakat mengetahui ada warga luar desa setempat ikut serta dalam tahapan pilkades agar segera melaporkan kepada Polsek Juwiring atau Bhabinkamtibmas desa.

Ketiga, calon kepala desa (cakades) tidak menggunakan pendukung atau pun kader pemenangan dari luar desa setempat.

Keempat, para pendukung cakades diminta tidak mengonsumsi atau menyediakan minuman keras. Apabila ditemukan akan ditindak tegas aparat polsek guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pascapilkades serentak yang aman dan kondusif.

Kelima, apabila aparat Polsek Juwiring menerima informasi dan mengetahui ada pelanggaran seperti pada poin imbauan itu secara langsung bakal dilakukan tindakan kepolisian.

Kapolsek Juwiring, AKP Sri Anggono, membenarkan adanya imbauan tersebut. Dia menegaskan hingga kini kondisi di tiga desa di Juwiring yang mengikuti pilkades serentak pada Rabu (9/10/2019) aman dan kondusif.

“Imbauan itu untuk antisipasi saja,” jelas Kapolsek Juwiring saat dihubungi solopos.com, Senin (30/9/2019).

Di Desa Juwiran, ada dua cakades dengan jumlah total pemilih sebanyak 2.787 orang. Kedua cakades itu yakni Santoso (petahana) dan Ikhwan Julianto (pengusaha).

Sekretaris Desa (Sekdes) Juwiran yang juga anggota panitia Pilkades Juwiran, Johan Saputra, menjelaskan kondisi Juwiran relatif aman dan kondusif menjelang Pilkades.

Soal imbauan larangan warga luar desa ikut sebagai pendukung atau kader selama tahapan pilkades, Johan sepakat dengan imbauan tersebut.

“Cukup membantu imbauan itu. Memang pernah ada pengalaman pada pilkades-pilkades sebelumnya ada yang mengikutsertakan orang dari luar hingga pelaksanaan pilkades sempat panas. Untuk pilkades kali ini di Juwiran adem ayem,” urai dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom