Polri: Benny Wenda Sering Kirim Hoaks ke Kepala Negara Lain

Namun, polisi tidak dapat menangkap Benny Wenda atas perkara dugaan tindak pidana penyebaran hoaks karena yang bersangkutan kini sudah menjadi warga negara Inggris.

Polri: Benny Wenda Sering Kirim Hoaks ke Kepala Negara Lain

SOLOPOS.COM - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo. (Bisnis-Sholahuddi Al Ayubbi)

Solopos.com, JAKARTA -- Polri menyebut adanya jaringan internasional yang terlibat dalam aksi anarkis di Papua dan Papua Barat. Polri juga menuding Benny Wenda menyebarkan informasi palsu atau hoaks kepada sejumlah kepala negara melalui media sosial.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa Benny Wenda melalui akun media sosialnya sering menyebarkan hoaks dalam bentuk foto dan video. Konten itu yang kemudian ditambahkan narasi hoaks ke sejumlah kepala negara.

Benny Wenda adalah Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) sekaligus pemimpin politik kemerdekaan Papua Barat. Sejak beberapa tahun lalu dia mendapatkan suaka politik di Inggris.

"Kami sudah mendeteksi akun-akun yang bersifat provokatif dan hoaks seperti menyebarkan foto dan video melalui media sosial yang dia lakukan dan rutin disebarkan," tutur Dedi, Selasa (3/9/2019), terkait aktivitas Benny Wenda.

Selain memiliki akun Facebook, Benny Wenda juga memiliki website yang kini sudah diblokir operator telekomunikasi atas instruksi Pemerintah.

Namun, polisi tidak dapat menangkap Benny Wenda atas perkara dugaan tindak pidana penyebaran hoaks karena yang bersangkutan kini sudah menjadi warga negara Inggris.

Menurut Dedi, Polisi tidak berwenang menangkap Benny Wenda atas perbuatannya. Pasalnya, hal itu dilakukan Benny Wenda di negara lain dan bukan di Indonesia.

"Benny menyebarkan informasi hoaks itu melalui medsos dan Whatsapp, dia menyebarkan info itu langsung ke kepala negara di lingkungan negara Asia Pasifik," kata Dedi.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuding Benny Wenda sebagai dalang dari kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.  Moeldoko mengatakan Benny Wenda aktif menyebarkan informasi tidak benar kepada pihak asing maupun masyarakat Papua. Bahkan, kata Moeldoko, Benny Wenda telah melakukan pergerakan politik di luar negeri. Tudingan serupa juga disampaikan Menkopolhukam Wiranto.

Benny Wenda pun membantah tudingan pemerintah. Menurut Benny, tuduhan itu lucu dan tak berbasiskan pada data historis. Dia justru membalikkan tuduhan itu kepada Wiranto, yang menurutnya pernah terlibat dalam operasi militer di Timor Leste.

“Wiranto, orang yang mengalamatkan tuduhan kepada saya ini lupa, bahwa dia pernah melakukan genosida di Timor Leste,” kata Benny.

Benny mengatakan Wiranto mempunyai pengalaman di Timor Leste. Di sana, kata dia, Wiranto juga menciptakan milisi-milisi sipil untuk dibenturkan dengan rakyat Timor Leste yang tengah berjuang untuk referendum.

”Jadi, kalau Wiranto menuduh saya seperti itu [dalang kerusuhan di Papua], saya balik bilang, dia harus tanggung jawab soal Timor Leste. Dia wanted man di United Nations [PBB] soal itu. Pola yang sama saat ini diberlakukan di Papua,” katanya dilansir Suara.com, Senin (2/9/2019).

Berita Terkait

Berita Terkini

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.

Ayu Maulida Kenakan Kostum Komodo di Panggung Miss Universe

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.