SOLOPOS.COM - Seorang pengayuh becak divaksin oleh nakes Klinik Bhayangkara di Posko PPKM Pasar Klewer Rabu (29/7/2021) siang. (Istimewa/Dok Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO — Jajaran Polresta Solo membangun Pos Pantau Terpadu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Pasar Klewer Solo pada Rabu (29/7/2021). Pos itu untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan, pemberian vaksin, penyaluran sembako, dan imbauan protokol kesehatan.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, mengatakan pendirian pos di Pasar Klewer itu merupakan percepatan vaksinasi di Kota Solo. Dalam sehari, kepolisian memvaksin sebanyak 30 dosis kepada para kuli panggul hingga tukang becak ber-KTP Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Gelap Gulita, PKL Jajanan Malam di Solo Baru Belum Berjualan Meski Aturan PPKM Dilonggarkan

“Jadi kami dirikan Pos Pantau ini fungsinya sebagai lokasi pemberian vaksin, kedua sebagai lokasi kami dalam mengawasi penerapan prokes di pasar nonesensial yang sudah diperbolehkan buka,” papar dia.

Sehingga perputaran ekonomi tetap jalan denhan penerapan prokes ketat. Ade menambahkan setiap hari, petugas turut membagikan 50 paket sembako kepada para pekerja di sekitar Pasar Klewer.

Pos lain dibangun juga di kawasan PGS dan BTC. Lalu, pos serupa bakal dibangun di sejumlah pasar non esensial lain yang beberapa waktu lalu ditutup. “Ada operasi yustisi juga, hal ini agar para pengusaha dan pekerja di Pasar Klewer tertib,” imbuh dia.

Terkait evaluasi PPKM Level IV, Kapolresta Solo menyebut kasus Covid-19 di Solo terkendali. Ia mengatakan ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Solo yakni 87 persen.

Baca Juga: 50.000 Pelajar di Bantul Dapat Bantuan Langsung Tunai

Sementara itu, salah seorang pengayuh becak, Suyanto, 58, mengaku kaget saat tiba-tiba didatangi anggota kepolisian berseragam lengkap. Anggota itu menanyai Suyanto yang belum mendapat vaksin. Lantas, Suyanto langsung dibawa ke Pos untuk pemeriksaan kesehatan dan memperoleh vaksin.

“Sudah sejak lama saya ingin vaksin tapi tidak tahu cara daftar. Alhamdulillah sekarang sudah dapat vaksin,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya