Polresta Banyumas Siapkan Personel Jadi Donor Konvalesen

Sejumlah anggota Polresta Banyumas yang merupakan penyintas Covid-19 siap jadi donor plasma konvalesen.

 Pendonoran darah di Polresta Banyumas. (Antara)

SOLOPOS.COM - Pendonoran darah di Polresta Banyumas. (Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO — Sejumlah anggota Polresta Banyumas yang merupakan penyintas Covid-19 siap jadi donor plasma konvalesen untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari infeksi virus corona.

Mengutip Antara, Kamis (24/6/2021), Ketua Panitia Donor Darah Hari Bhayangkara Ke-75 Polresta Banyumas, Kompol Sukarwan, mengatakan ada 20 anggota yang pernah terpapar itu yang bisa donor plasma konvalesen. “Namun mereka belum ada yang siap donor plasma konvalesen, menunggu dulu setidaknya satu pekan,” ujarnya.

Menurut dia, anggota Polresta Banyumas yang penyintas Covid-19 itu karena mereka baru sembuh sekitar satu pekan. Karen itu donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan karena paling tidak butuh waktu dua pekan pascasembuh agar antibodinya terbentuk.

Baca Juga : Varian Baru Covid-19 Diduga Sudah Masuk Banyumas

Dia mengharapkan donor plasma konvalesen yang akan dilakukan anggota Polresta Banyumas tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Terkait dengan donor darah, dia mengatakan kegiatan di Polresta Banyumas diikuti oleh 260 peserta yang terdiri atas anggota Polresta Banyumas, Brimob, dan TNI.

“Targetnya 260 kantong, tetapi di luar peserta itu ada yang datang, tetap akan kami layani,” kata dia yang juga Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polresta Banyumas.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Donor Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas, Muhammad Mulkhanasir, memberikan apresiasi kepada Polresta Banyumas yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75.

Baca Juga : Polresta Banyumas Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kebetulan kebutuhan darah biasa juga sedang cukup tinggi, 205 kantong per harinya untuk memenuhi kebutuhan darah warga Banyumas dan luar Banyumas. Dengan adanya donor darah di Polresta Banyumas bisa menambah stok aman di PMI Banyumas.

Karena saat pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) seperti yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni hingga 8 Juli 2021, animo masyarakat biasanya berkurang.

Terkait dengan donor plasma konvalesen, dia mengharapkan 20 anggota Polresta Banyumas yang penyintas Covid-19 itu nantinya bisa donor karena antrean donor plasma konvalesen saat sekarang mencapai 91 kantong.

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Viral Foto KTP Dijual di NFT, Ini Kata Guru Besar Tempat Ghozali Kuliah

Guru besar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menanggapi viralnya data pribadi atau foto KTP yang dijual sebagai NFT di situs web OpenSea.

Rumah BUMN, Wujud Dukungan Semen Gresik Untuk UMKM Jateng

Program yang telah dilakukan PT Semen Gresik, yaitu mengoptimalkan fungsi Rumah BUMN dalam mentoring dan kurasi produk UMKM.

Goa Jatijajar Jadi Tambang Fosfat Besar di Masa Penjajahan Jepang

Goa Jatijajar di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pernah menjadi tambang fosfat besar pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Pemkot Salatiga Akan Pertahankan Tenaga Honorer

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyatakan akan mempertahankan tenaga harian lepas atau honorer di instansi pemerintahan atau Pemkot Salatiga.

Joss! Daun Talas Beneng dari Jateng Tembus Pasar Ekspor Australia

Daun talas beneng dari Jawa Tengah berhasil menembus pasar ekspor Australia yang dihargai Rp15.000-Rp20.000 per kilogram.

Savana Dieng, Padang Rumput Khas Afrika dengan Kearifan Lokal

Padang Savana Dieng merupakan tempat perkemahan di pendakian Gunung Pangonan, Desa Karangsari, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Sempat Hilang Dicuri, Alat Pemantau Gunung Sumbing Dikembalikan

Komponen alat pemantau Gunung Api Sumbing yang sebelumnya dilaporkan hilang karena dicuri, akhirnya dikembalikan.

+ PLUS Jepara Pernah Jadi Kota Pelabuhan Terbesar Berkat Ratu Kalinyamat

Ratu Kalinyamat pernah menjadikan Jepara sebagai kota pelabuhan terbesar di Pantai Utara (Pantura) pada abad ke-16.

Yayasan BSM Umat Latih Emak-Emak di Semarang Kemas Produk UMKM

Yayasan BSM Umat Jakarta memberikan pelatihan kepada ibu-ibu pelaku UMKM tentang cara mengemas produknya agar marketable.

Ki Semar, Punakawan Bijaksana Penasihat Para Ksatria Jawa

Semar adalah figur yang waskitha ngerti sadurunge winarah (tahu sebelum sesuatu terjadi). Oleh karena itu, sosoknya dinilai berperan besar bagi para ksatria.

Apakah Semar dan Sabdo Palon Orang yang Sama?

Sosok Sabdo Palon sering dikaitkan dengan tokoh Semar dalam pewayangan. Apakah keduanya adalah orang yang sama?

Inilah Sosok Sabdo Palon, Peramal Ulung & Penguasa Tanah Jawa

Sabdo Palon yang dikenal sebagai penguasa Tanah Jawa dan peramal ulung sering dikaitkan dengan sosok Semar.

Arti Nama Ki Semar, Leluhur Orang Jawa

Inilah makna spiritual Ki Semar yang disebut sebagai leluhurnya orang Jawa.

Waduh! Remaja Perempuan di Grobogan Dianiaya Tetangganya Diduga ODGJ

Remaja perempuan, Maharani Az Zahra Khairunnisa, 11, warga Jengglong Barat, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, menjadi korban penganiayaan tetangganya diduga ODGJ, Selasa (18/1/2022).

Bupati Jepara Setuju Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Bupati Jepara menyetujui usulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.