Polres Sukoharjo Kumpulkan Pengurus 13 Perguruan Silat, Ada Apa Ya?

Pengurus dari 13 perguruan silat yang ada di Kabupaten Sukoharjo diundang Polres setempat untuk mengikuti pertemuan di Hotel Tosan, Solo Baru.

 Sebanyak 13 perguruan silat di Sukoharjo diajak Polres Sukoharjo untuk membentuk kondisi sosial kondusif mengantisipasi ancaman konflik komunal, Rabu (8/12/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Sebanyak 13 perguruan silat di Sukoharjo diajak Polres Sukoharjo untuk membentuk kondisi sosial kondusif mengantisipasi ancaman konflik komunal, Rabu (8/12/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polres Sukoharjo mengundang pengurus dari 13 perguruan silat dalam kegiatan sosialisasi hukum di Cendana Ball Room Hotel Tosan, Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Rabu (8/12/2021). Seluruh perguruan silat tersebut diajak ikut membantu dan mereka sepakat menjaga ketertiban masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya konflik komunal.

Perguruan silat yang dilibatkan antara lain Persinas Asad, PSHT Parluh 16, PSHT Parluh 17, PSTD Pancasila, IKSPI Kera sakti, Hasta Manunggal. Kemudian Tapak Manunggal, Persaudaraan Rukun SH, Perisai Diri, Tapak Suci, Merpati Putih, Pagar Nusa, dan Satria Piningit.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan kegiatan tersebut mengacu tugas pokok Polri yang tertuang dalam UU No 2/2002 terkait memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Jos! Tim Taekwondo UMS Boyong 5 Medali Emas dan 4 Perunggu

Menurutnya, dilibatkannya perguruan silat Sukoharjo lantaran adanya potensi konflik komunal yang terjadi. Dikhawatirkan hal tersebut dapat berdampak pada berbagai sektor di Sukoharjo.

“Latar belakang perguran silat di Sukoharjo itu bermacam-macam. Apabila terjadi konflik komunal, dampaknya akan beragam dan merugikan, mulai korban jiwa hingga ekonomi,” ucap dia.

Menjaga Kamtibmas

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Polres membuat langkah untuk menjaga kambtibmas di Sukoharjo. Selain itu, Kapolres juga meminta setiap komunitas persilatan untuk menyusun program yang menunjang potensi dan prestasi di tingkat daerah maupun nasional.

Baca Juga: 2 Desa di Sukoharjo Dilanda Hujan Angin, 1 Rumah Warga Rusak

“Untuk mewujudkan hal tersebut perlu ada kerja sama dari semua lini dan pihak. Sehingga persilatan menjadi ajang untuk mengasah diri dan membentuk karakter luhur dan bisa mengantisipasi terjadinya konflik komunal,” imbuhnya.

Kapolres Sukoharjo mengimbau setiap perguruan silat tidak terprovokasi dengan informasi di luar menjelang Natal dan Tahun Baru. Selain itu, ia juga meminta agar perguruan silat mau berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal penanganan permasalahan yang menyebabkan ganggunan kamtibmas. “Semua adalah saudara. Walaupun beda perguruan, mari bersama menciptakan suasana yang nyaman dan aman di Sukoharjo,” ujarnya.

Pengurus perguruan Tapak Suci, Widoyo, berharap langkah yang dibuat Polres Sukoharjo dapat menyatukan dan mempererat silaturahmi antara perguruan silat. Sehingga tidak terjadi perselisihan dan konflik di Sukoharjo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Duka, Kades Glagahwangi Klaten Berpulang pada Usia 41 Tahun

Kades Glagahwangi, Polanharjo, Klaten, Atit Novitasari, meninggal dunia di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (18/1/2022) pukul 09.00 WIB.

Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Solo menyatakan perlu dikaji dulu soal usulan satu bank sampah di tiap RW untuk mendukung program Papi Sarimah.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Kejari Karanganyar Tuntut 2 Pelaku Kekerasan Seksual Bayar Ganti Rugi

Kejari Karanganyar tahun ini menuntut dua terdakwa kasus kekerasan seksual dengan membayar ganti rugi (restitusi) kepada korban selain menuntut hukuman penjara dan denda.

Jembatan Kereta Zaman Belanda di Klaten Kini Jadi Penghubung 2 Desa

Jembatan penghubung antara Desa Mranggen dengan Desa Blimbing merupakan bekas jalur kereta pengangkut tebu pada era kolonial Belanda.

PT Swasta Tak Bisa Lagi Digandeng Jadi Penguji Seleksi Perdes di Sragen

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ingin ke depan seleksi perangkat desa (perdes) hanya bekerja sama dengan peguruan tinggi negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) si Jogja.

Polemik Pasar Mebel Gilingan Solo, Gibran Siap Ajak Ngobrol Pedagang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan siap berdialog dengan pedagang Pasar Mebel Gilingan terkait rencana pembangunan sentra IKM.

Laris Banget, Warung Sate di Sragen Ini Habiskan 55-60 Kelinci/Hari

Warung sate kelinci Pak Peng di Jl. Maospati-Solo, Lemah Abang, Sambungmacan, Sragen ramai dikunjungi pembeli. Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, pernah makan sate di sini.

300 Knalpot Brong Sitaan Digergaji di Satlantas Polres Boyolali

Penindakan terhadap knalpot brong akan dilaksanakan sebab banyaknya aduan dari masyarakat yang terganggu dengan suara yang dihasilkan knalpot brong.

Puan Maharani bakal Hadiri Peresmian Pasar Legi Solo, Ganjar Diundang?

Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan hadir pada acara peresmian Pasar Legi Solo, sedangkan Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo belum ada kepastian.

Kantor Kesbangpol Kebanjiran, Pagar DPRD Sragen 50 Meter Ambruk

Hujan deras yang terjadi pada Selasa (18/1/2022) siang hingga sore di Sragen menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Kantor Badan Kesbang kebanjiran, sementara pagar DPRD Sragen ambruk.

On The Track, Hujan Tak Ganggu Pembangunan Overpass DI Pandjaitan Solo

Proyek peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, Solo, masih sesuai rencana meski cuaca hujan menjadi tantangan tersendiri.

Satpol PP Sukoharjo Robohkan Lapak PKL Mangkrak di 3 Ruas Jalan Ini

Setiap hari petugas Satpol PP Sukoharjo selalu menertibkan PKL yang nekat berdagang di area yang dilarang Perda.

Asyik...Plaza Kuliner Rawa Jombor Klaten Segera Dibuka

Serah terima aset Plaza Kuliner Taman Nyi Ageng Rakit dari Pemprov Jateng kepada Pemkab Klaten dilakukan pada akhir pekan ini, Minggu (23/1/2022).