SOLOPOS.COM - Pengunjung anak-anak disuntik vaksin oleh petugas vaksinator di Pandawa Water World, Grogol, Sukoharjo, Jumat (6/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Polres Sukoharjo menggelar kegiatan vaksinasi sambil liburan (Si Biran) di Pandawa Water World, Kecamatan Grogol, Jumat (6/5/2022). Target sasaran vaksinasi Covid-19 yakni masyarakat yang berekreasi saat libur Lebaran.

Pantauan Solopos.com, Jumat, sejumlah pengunjung Pandawa Water Boom mengantre di loket tiket. Sementara sejumlah petugas vaksinator dan polwan duduk berjejer di sekitar pintu masuk objek wisata air tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah membeli tiket, mereka tak langsung masuk ke kolam renang melainkan mendaftar sebagai peserta vaksinasi. Mereka kembali mengantre untuk disuntik vaksin oleh petugas vaksinator.

Kapolsek Grogol, AKP Dodiawan, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan kegiatan vaksinasi massal digelar di objek wisata guna mempermudah masyarakat yang sedang berwisata bersama keluarga. Tak semua pengunjung telah menerima vaksin dosis satu, dua dan tiga atau booster.

“Kami ingin menarik minat pengunjung objek wisata untuk mengikuti vaksinasi. Pengunjung yang belum disuntik vaksin dosis dua silakan mendaftar. Begitu pula, pengunjung yang belum menerima booster dipersilakan mengikuti vaksinasi,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Baca juga: Sudah Buka, Perantau Bisa Urus KTP dll di Disdukcapil Sukoharjo

Polres Sukoharjo ingin membantu pemerintah dalam menggenjot capaian vaksinasi. Kendati kasus Covid-19 menurun, namun pandemi belum sepenuhnya hilang. Karena itu, akselerasi percepatan vaksinasi terus dilakukan sebagai salah satu kunci pengendalian pandemi Covid-19.

Menurut Kapolsek, sebagian peserta vaksinasi merupakan para perantau yang pulang ke kampung halaman. Mereka mengajak sanak famili untuk berekreasi sebelum pulang ke daerah perantauan. “Kami juga menyediakan hadiah berupa satu unit sepeda motor, televisi, dan rice cooker untuk menarik minat pengunjung agar mengikuti vaksinasi,” ujar dia.

Sebelumnya, Polres Sukoharjo menggelar kegiatan serupa saat bulan puasa. Kegiatan vaksinasi digenjot pada malam hari di pusat-pusat keramaian seperti warung hik atau angkringan. Menjelang Lebaran, kegiatan vaksinasi dilaksanakan berhadiah tukar uang gratis di halaman Mapolres Sukoharjo.

Baca juga: Jamin Keamanan Wisatawan, Patroli Keliling Sasar Objek Wisata Sukoharjo

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, menyatakan capaian vaksinasi booster di Sukoharjo per 4 Mei 2022 sebanyak 185.873 orang atau sekitar 25,82 persen. Angka ini masih jauh di bawah target populasi vaksinasi booster di Sukoharjo yakni 719.754 orang.

Sementara capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 573.605 orang atau sekitar 79,69 persen dan dosis kedua sebanyak 534.666 orang atau sekitar 74,28 persen. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo berupaya menggenjot capaian vaksinasi selama 2,5 bulan mulai Maret-akhir Mei.

“Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di fasilitas kesehatan (faskes) dan balai desa untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat. Kegiatan vaksinasi terus dilakukan guna mewujudkan herd immunity,” kata dia.

Baca juga: Petugas Kebersihan di Sukoharjo Lembur Angkut Sampah Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya