SOLOPOS.COM - Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, menunjukkan kartu nama yang tertera Whats App (WA) center seusai memimpin apel pasukan di Mapolres Sragen, Senin (8/2/2021). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Polres Sragen meluncurkan layanan Whats App atau WA center untuk mengelola informasi dari masyarakat dengan nomor layanan 08877110110. Hal itu untuk mendekatkan Polres Sragen dengan masyarakat.

Peluncuran WA center itu dilaksanakan dalam apel pasukan yang dipimpin Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, di Lapangan Wira Pratama Mapolres setempat, Senin (8/2/2021). Bahkan untuk menyosialisasikan layanan itu, Polres Sragen menyiapkan sekitar 72.600 lembar kartu nama.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Selama ini, layanan informasi diterima Polri melalui telepon 110. Kadang informasi itu masuk melalui personal atau anggota polisi yang dikenal masyarakat. Sekarang kami buka layanan chat melalui WA. Mengapa WhatsApp, karena aplikasi ini sudah populer di kalangan masyarakat. Sekarang hampir tiap ponsel pasti sudah dilengkapi aplikasi itu,” jelas Kapolres Sragen.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga15 Tahun Tak Pulang, TKW asal Sragen Dikabarkan Bunuh Diri di Arab Saudi

WA center Polres Sragen akan dipakai untuk mengelola semua informasi dari masyarakat. Yakni oleh operator dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang bertugas selama 24 jam. Kemudian informasi itu akan dikelompokkan berdasar kategori tertentu.

Adapun kategori itu meliputi layanan informasi gangguan kamtibmas, layanan penanganan kecelakaan, layanan rekuitmen anggota dan lain sebagainya. Selanjutnya pengaduan paling banyak dari masyarakat di WA center Polres Sragen akan dijadikan bahan kajian.

“Kalau ada banyak aduan masyarakat, kita akan konsentrasi untuk mengatasi masalah itu. Kemudian data yang diperoleh di masyarakat akan dianalisa untuk menentukan rencana aksi. Dengan begitu, aksi yang kami ambil bisa tepat sasaran,” terang Kapolres.

Baca jugaEks Kasatreskrim Wonogiri Kompol Aditia di Mata Sahabat: Suka Membantu, Dedikasi Tinggi!

Visi Kapolri

WA center merupakan inisiatif dari Polres Sragen untuk mendukung layanan call center 110 Polri. Dengan peluncuran WA center dinilai Kapolres, selaras dengan visi Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo. Di mana konsep kepolisian masa depan yang presisi yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

“Kami berharap kartu nama itu bisa dibagikan kepada masyarakat. Bukan disebar, tetapi benar-benar diterima oleh masyarakat. Melalui WA center ini, kami berusaha transparan dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat,” ucap Kapolres.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya