Polres Madiun Kota Jamin Perayaan Natal Aman
Ratusan umat Katolik saat mendengarkan pesan dalam misa Natal di Gereja Katolik Santo Cornelius Madiun di Jl. Pahlawan, Senin (24/12/2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Madiunpos.com, MADIUN - Ribuan umat Kristiani di Kota Madiun merayakan malam Natal pada Senin (24/12/2018) malam, di 51 gereja yang tersebar di wilayah Kota Madiun.

Pantauan Madiunpos.com di sejumlah lokasi gereja di Kota Madiun, Senin malam, sejumlah gereja tampak ramai dipenuhi para jemaat yang akan mengikuti misa dan kebaktian. Seperti di Gereja Katolik Mater Dei, Jl. Slamet Riyadi, Klegen, Kota Madiun, terlihat ribuan orang memadati gereja tersebut untuk merayakan Natal.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu, mengatakan pihaknya menjamin seluruh kegiatan keagamaan selama perayaan Natal akan aman dan kondusif. Pihaknya telah menyiagakan 360 personel untuk pengamanan seluruh gereja yang digunakan selama perayaan Natal.

"Kami juga dibantu TNI dan juga Ormas seperti Banser untuk pengamanan perayaan Natal di 51 gereja di Kota Madiun," ujar dia setelah melakukan pemantauan kondisi gereja di Kota Madiun, Senin malam.

Nasrun menuturkan dari beberapa titik gereja yang dipantau, seluruh kegiatan keagamaan berjalan secara aman dan lancar. Tidak ada gangguan keamanan selama ibadah berlangsung.

Sebelum perayaan Natal berlangsung, pihaknya juga telah melakukan sterilisasi sejumlah gereja. Sterilisasi gereja menggunakan berbagai alat seperti metal detector dan mirror serta pengawasan dari personel terlatih.

"Setiap gereja pun kamu jaga ketat selama pelaksanaan ibadah berlangsung. Untuk masing-masing gereja berbeda-beda tergantung jumlah jemaat di gereja itu. Tapi kami yakin seluruh kegiatan ibadah selama perayaan Natal di Madiun akan berlangsung aman," ujar Nasrun.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan pemerintah kota memberikan jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat beragama. Pemerintah juga berkomitmen untuk menjaga kondisi supaya tetap aman dan tertib.

"Kondusifitas ini penting. Agama apapun punya hak yang sama. Semoga sampai tuntas bisa berjalan aman," ujar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom