SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN – Ribuan umat Kristiani di Kota Madiun merayakan malam Natal pada Senin (24/12/2018) malam, di 51 gereja yang tersebar di wilayah Kota Madiun.

Pantauan Madiunpos.com di sejumlah lokasi gereja di Kota Madiun, Senin malam, sejumlah gereja tampak ramai dipenuhi para jemaat yang akan mengikuti misa dan kebaktian. Seperti di Gereja Katolik Mater Dei, Jl. Slamet Riyadi, Klegen, Kota Madiun, terlihat ribuan orang memadati gereja tersebut untuk merayakan Natal.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu, mengatakan pihaknya menjamin seluruh kegiatan keagamaan selama perayaan Natal akan aman dan kondusif. Pihaknya telah menyiagakan 360 personel untuk pengamanan seluruh gereja yang digunakan selama perayaan Natal.

“Kami juga dibantu TNI dan juga Ormas seperti Banser untuk pengamanan perayaan Natal di 51 gereja di Kota Madiun,” ujar dia setelah melakukan pemantauan kondisi gereja di Kota Madiun, Senin malam.

Nasrun menuturkan dari beberapa titik gereja yang dipantau, seluruh kegiatan keagamaan berjalan secara aman dan lancar. Tidak ada gangguan keamanan selama ibadah berlangsung.

Sebelum perayaan Natal berlangsung, pihaknya juga telah melakukan sterilisasi sejumlah gereja. Sterilisasi gereja menggunakan berbagai alat seperti metal detector dan mirror serta pengawasan dari personel terlatih.

“Setiap gereja pun kamu jaga ketat selama pelaksanaan ibadah berlangsung. Untuk masing-masing gereja berbeda-beda tergantung jumlah jemaat di gereja itu. Tapi kami yakin seluruh kegiatan ibadah selama perayaan Natal di Madiun akan berlangsung aman,” ujar Nasrun.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan pemerintah kota memberikan jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat beragama. Pemerintah juga berkomitmen untuk menjaga kondisi supaya tetap aman dan tertib.

“Kondusifitas ini penting. Agama apapun punya hak yang sama. Semoga sampai tuntas bisa berjalan aman,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya