SOLOPOS.COM - Sterilisasi gereja (JIBI/Harian Jogja/Solopos)


Sejumlah aparat Polres Klaten menyisir rel kereta api tak jauh dari Stasiun Klaten, Minggu (23/12/2012). (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS).

KLATEN--Jajaran Polres Klaten meningkatkan pengamanan di Stasiun Klaten dan sejumlah gereja di wilayah setempat menjelang Hari Raya Natal, Minggu (23/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, penyisiran stasiun kereta api dipimpin langsung Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo. Selama berada di stasiun polisi memeriksa tanda pengenal sejumlah warga untuk mengantisipasi menjamurnya calo tiket. Polisi juga menyisir rel kereta api dan menemukan sejumlah pengait bantalan yang kendor.

Pada bagian lain aparat polisi juga menyisir sejumlah gereja di Klaten salah satunya Gereja Katholik Maria Assumpta Klaten. Dengan berbekal metal detector, polisi memeriksa tiap sudut gereja untuk mengantisipasi adanya benda-benda yang mencurigakan.

“Pengamanan ini merupakan tindak lanjut dari Operasi Lilin Candi 2012. Kami ingin memastikan keamanan perjalanan kereta untuk menyambut libur Natal 2012 dan Tahun Baru 2013,” ujar Kapolres.

Ragil menjelaskan pengamanan 136 gereja di Klaten akan diperketat selama 24 jam. Selain dari Polri, pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan personel TNI, petugas Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, petugas linmas dan masyarakat setempat. Peningkatan pengamanan 136 gereja itu bertujuan mengantisipasi adanya teror yang mengancam keselamatan jemaat gereja.


Sejumlah polisi menyisir sejumlah sudut Gereja Katholik Maria Assumpta Klaten, Minggu (23/12/2012). (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

“Selain menyiagakan anggota, kami juga akan mengintensifkan patroli selama perayaan Natal,” terang Ragil.

Pastur Paroki Gereja Katholik Maria Assumpta, Romo Modestus Supriyanto, menyambut baik adanya peningkatan keamanan dari aparat polisi dan anggota TNI selama berlangsungnya perayaan Natal. Menurutnya perayaan Natal membawa pesan damai dan persaudaraan. Dia berharap pesan damai itu bisa ditangkap semua kalangan masyarakat.

“Kami berniat baik dengan mambawa cinta, kedamaian dan persaudaraan. Mudah-mudahnya perayaan Natal kali ini menghadirkan kebahagiaan untuk kita semua,” papar Romo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya