Polres Karanganyar Ungkap 5 Kasus Curanmor dalam 2 Pekan

Operasi Sikat Jaran Candi 2022 yang digelar pada akhir Agustus hingga pertengahan September 2022 lalu berhasil mengungkap lima kasus curanmor.

 Wakapolres Karanganyar, Kompol Purbo Adjar Waskito, menunjukkan tersangka dan barang bukti tindak kejahatan dalam rilis kasus di Mapolres Karanganyar, Senin (26/9/2022). (Istimewa/Polres Karanganyar)

SOLOPOS.COM - Wakapolres Karanganyar, Kompol Purbo Adjar Waskito, menunjukkan tersangka dan barang bukti tindak kejahatan dalam rilis kasus di Mapolres Karanganyar, Senin (26/9/2022). (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Aparat Polres Karanganyar mengungkap lima kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Pengungkapan tersebut dilakukan selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022 sejak 24 Agustus hingga 14 September 2022.

Wakapolres Karanganyar, Kompol Purbo Adjar Waskito, mengatakan dari lima pengungkapan kasus tersebut, pihaknya menangkap lima tersangka. Dua di antaranya saat ini sudah diproses di Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Selain itu, pihaknya juga menyita empat unit sepeda motor dan sebuah ponsel yang digunakan pelaku untuk sarana kejahatan.

“Dari hasil pengungkapan kasus tersebut, barang bukti yang berhasil disita di  antaranya empat unit sepeda motor dan 1 alat komunikasi ponsel,” ujarnya kepada wartawan saat rilis kasus di Mapolresta Solo, Senin (26/9/22).

Purbo menambahkan, modus operandi yang digunakan para tersangka berbeda-beda. Ada yang dengan cara membobol rumah korban dan ada juga memanfaatkan kelalaian pemilik kendaraan.

Baca Juga: Pengemudi Toyota Camry yang Halangi Ambulans Minta Maaf, Mengaku Tak Dengar

“Untuk tempat kejadian perkara pencurian terjadi di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, dan Matersih,” imbuhnya.

Ia mengimbau warga agar lebih berhati-hati dan mengawasi kendaraanmasing-masing. Gunakan kunci ganda untuk menambah keamanan.

Sementara itu, salah satu tersangka pencurian sepeda motor di Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, MF,  mengaku  menggunakan kunci “T” untuk membobol sepeda motor sasaran. “Saya menunggu korban lengah. Begitu dia meninggalkan sepeda motornya, saya bobol pakai kunci ‘T’,” paparnya.

Kendaraan hasil curiannya pun belum sempat ia jual dan keburu tertangkap oleh aparat Polres Karanganyar.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta

      Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali pada 2023 diusulkan sebesar Rp2.155.712,29.

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.

      Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

      Penggantian pelat jembatan dengan sistem baja ortotropik di Jembatan Mojo bertujuan menambah ketahanan terhadap beban kendaraan bermotor.

      Tenyata Ada 2 Warga Pendatang yang Pernah Ditangkap Densus 88 di Ngruki RT 01

      Tercatat ada dua warga pendatang di Dukuh Ngruki RT 01/RW 16, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang pernah ditangkap Densus 88 Antiteror.

      Penanggulangan HIV di Wonogiri Masih Terkendala Stigmatisasi

      Penanggulangan human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) di Wonogiri masih terhalang stigmatisasi.