SOLOPOS.COM - Kapolres Karangayar AKBP Danang Kuswoyo mermasang pita kepada petugas Operasi Zebra Candi 2022 di Lapangan Wirasatya Polres Karanganyar, Senin (3/10/2022). (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR—Selama 14 hari sejak 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, Polres Karanganyar menggelar Operasi Zebra Candi 2022. Polres akan fokus pada penegakan hukum tujuh pelanggaran.

Pertama adalah pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.

Ketiga pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

Ekspedisi Mudik 2024

Keempat, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kelima adalah pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.

Keenam pengemudi atau pengendara sepeda motor yang melawan arus lalu lintas.

Ketujuh, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

Penindakan akan dilakukan menggunakan Eelectronic Trafcic Law Enforcement (ETLE) baik melalui kamera statis maupun kamera bergerak yang dibawa oleh petugas.

Untuk memulai kegiatan ini, Polres Karanganyar menggelar apel gelar pasukan di Lapangan Wirasatya, Senin (3/10/2022) yang dipimpin Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo.

Apel diikuti oleh pejabat utama polres, Kapolsek dan perwira, satu pleton Kodim 0727 Karanganyar, staf polres, Satlantas, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP Karanganyar.

Kapolres mengatakan Operasi Zebra Candi 2022 dilaksanakan untuk membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas dan diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

“Kami akan selalu mengedepankan giat edukasi berkaitan dengan tertib berlalu lintas dan melaksanakan giat penindakan pelanggaran lalu lintas secara humanis,” kata Kapolres dalam siaran pers Humas Polres Karanganyar.

Kepada anggota, Kapolres menyampaikan agar setiap anggota yang bertugas untuk melaksanakan Operasi Zebra Candi dengan penuh tanggung jawab, tepat, dan humanis.

“Melalui operasi ini kami harapkan dapat menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas, serta mengurangi fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya