SOLOPOS.COM - Polres Sukoharjo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo melakukan pengecekan kendaraan dan pengobatan gratis kepada kru bus di Garasi PO Gunung Mulia di Pandeyan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo pada Selasa (28/3/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polres bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo melakukan pengecekan kendaraan di Perusahaan Otobus (PO) Gunung Mulia di Pandeyan, Kecamatan Grogol, Selasa (28/3/2023). Mereka juga mengecek kondisi kesehatan para sopir sekaligus memberikan pengobatan gratis kepada mereka.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan Mudik Lebaran 2023 yang aman dan lancar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seusai pengecekan, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan kegiatan ini untuk memastikan semua fungsi kendaraan berjalan baik. Polres juga membawa Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sie Dokkes) untuk memeriksa kesehatan para kru bus, sekaligus memberikan obat-obatan dan vitamin bagi sopir.

“Harapannya apabila bus secara fisik sudah berfungsi baik, kru dan sopir yang bertugas baik harapannya kegiatan libur Lebaran berjalan baik. Sehingga keselamatan kelancaran lalu lintas dapat terjaga,” jelas Kapolres kepada wartawan.

Pengecekan yang dilakukan di antaranya dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan, dan teknis laik jalan kendaraan. Masing-masing terdiri dari unsur administrasi yakni bukti lulus uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM, dan STNK.

Sementara dalam unsur teknis utama, pengecekan dilakukan di antaranya terkait sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban, dan sabuk keselamatan. Dalam unsur teknis penunjang dilakukan pengecekan pada kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, kelengkapan kendaraan hingga kelengkapan tanggap darurat. Dalam pemeriksaan hari ini, Kapolres mengatakan seluruh kendaraan yang dicek memenuhi unsur kelaikan.

Pada pengecekan kesehatan kru bus, rata-rata mereka mengeluhkan kelelahan secara fisik. Sehingga secara umum banyak sopir maupun kru bus hanya mengeluhkan pegal dan kecapaian.

Di sisi lain Kapolres mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan jalur mudik. “Kami sudah prediksi, artinya beberapa lokasi rawan kepadatan. Di antaranya jalur utama Solo Baru-Wonogiri, kawasan Solo Baru yang banyak pusat perbelanjaan, kemudian di wilayah Kartasura merupakan Simpang tiga perbatasan beberapa daerah dan perempatan Sanggung,” jelas Kapolres.

Polres juga akan mendirikan pos pengamanan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait. Sehingga, diharapkan tempat-tempat yang terprediksi padat kendaraan tersebut bisa diantisipasi dengan kehadiran aparat gabungan yang akan berjaga.

Sementara itu, pemilik PO Bus Gunung Mulia, Gondowijoyo Guh Yusun, 66, mengaku sudah melakukan berbagai persiapan menyambut musim mudik Lebaran. Mulai dari mengontrol kelaikan kendaraan hingga kesehatan kru bus.

Dia akan mengerahkan seluruh armadanya yang berjumlah 90 unit pada selama Ramadan dan Lebaran. Penjualan tiket diakuinya memulai meningkat, begitu juga dengan harganya. Kenaikan harga tiket tertinggi terjadi pada 18 April 2023 mendatang yang disebut nya bakal mencapai dua kali lipat dengan kelas eksekutif dan VIP yang dimilikinya.

“Trayek kami kalau ke arah barat ke Jakarta, Bogor, Tangerang. Trayek paling kencang Jakarta-Wonogiri. Bus cadangan ada sekitar 2-3 unit di masing-masing rumah makan. Kalau untuk jumlah kru masing-masing bus memiliki 3-5 orang kru, biasanya dua sopir bergantian dan satu kernet,” jelas pria berparas oriental itu.

Sementara itu, salah seorang sopir bus, Sulis, mengaku senang dengan adanya pengecekan kesehatan tersebut. “Kalau saya tadi sudah cek kesehatan, tensi darah normal, kesehatan normal. Kalau kami nyopir 4-5 jam harus bergantian di jalan, cek kesehatan gratis ini alhamdulilah ya karena kami juga membutuhkan itu,” ujar Sulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya