SOLOPOS.COM - Kapolres Banjarnegara AKBP IGA Dwi Perbawa Nugraha. (Antara-Humas Polres Banjarnegara)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Polres Banjarnegara bertekad mengintensifkan program Polisi Sahabat Anak demi menumbuhkan kedisiplinan dan kesadaran hukum masyarakat sejak usia dini. Langkah itu dilakukan demi menanamkan kedisiplinan dan kepedulian lingkungan generasi muda.

“Kami terus mengintensifkan program Polisi Sahabat Anak guna menanamkan kedisiplinan dan kepedulian lingkungan sejak usia dini,” kata Kapolres Banjarnegara AKBP IGA Dwi Perbawa di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (23/1/2020).

Promosi Tumbuh 33,9%, Volume Transaksi Cash Management di QLola by BRI Capai Rp6.788 T

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya akan mengajak anak-anak membudayakan perilaku disiplin, misalkan tertib berlalu lintas. “Kami ingin membangun rasa peduli anak-anak terhadap lingkungan sekitar misalkan dengan melakukan hal-hal kecil yaitu tidak membuang sampah sembarangan, kemudian tertib berlalu lintas dengan membonceng menggunakan helm SNI,” katanya.

Dia menilai kegiatan tersebut baik untuk menumbuhkan peduli dan disiplin anak. “Dengan kegiatan itu diharapkan anak-anak juga akan dapat terbiasa untuk tertib berlalu lintas. Dengan terbiasa untuk tertib berlalu lintas, maka anak-anak dapat membantu mengingatkan kepada orang tuanya jika berkendara tidak sesuai aturan,” katanya.

Pihaknya telah menggelar program Polisi Sahabat Anak dengan menghadirkan anak-anak TK Bhayangkari Banjarnegara. “Kegiatan yang digelar Satbinmas Polres Banjarnegara itu diharapkan akan dapat berjalan berkesinambungan dan dilakukan secara berkala dengan menghadirkan siswa dari sekolah lain,” katanya.

Melalui program itu, pihaknya menggelar berbagai permainan yang menarik anak-anak. “Misalkan kegiatan menyanyi bersama, mengenal rambu-rambu lalu lintas hingga permainan untuk membuang sampah pada tempatnya,” katanya.

Pihaknya juga berkomitmen memperkuat upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di Banjarnegara Setelah dirinya dilantik menjadi Kapolres Banjarnegara, upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba menjadi salah satu prioritas yang hendak dijalankan.

“Sebelum melakukan tindakan penegakan hukum, maka yang juga tidak kalah penting adalah melakukan pencegahan, salah satunya dengan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya dan dampak buruk narkoba,” katanya.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas sebagai bagian dari kampanye menangkal narkoba. “Kami akan menggencarkan sosialisasi ke sekolah-sekolah ke komunitas dan seluruh masyarakat yang ada di Banjarnegara,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya