SOLOPOS.COM - Tokoh masyarakat Solo yang juga mantan anggota DPRD Solo, Hasan Mulachela. (Solopos.com-Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Kota Solo, Habib Hasan Mulachela, meninggal dunia di rumah sakit (RS) di Jakarta, Jumat (12/3/2021) pagi. Jenazah sedang dalam perjalanan menuju rumah duka di Pasar Kliwon, Solo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Hasan Mulachela meninggal dunia sekitar pukul 06.50 WIB. Dia sedang ada agenda atau kegiatan di Ibu Kota sehingga berada di Jakarta. Namun Tuhan YME lebih dulu memanggil laki-laki yang selama ini dikenal dermawan tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Salah seorang putri Hasan Mulachela, Kareema, menyampaikan kabar duka tersebut kepada awak media Solo melalui pesan voice note. Tapi Kareema tak menyebutkan penyebab meninggalnya laki-laki yang pernah menjadi anggota DPRD Solo dari PPP tersebut.

Baca juga: Nyentrik, Kakek-Kakek Kendarai Mobil Sport Bagi-Bagi Beras dan Uang di Tipes Solo

“Teman-teman, ayah sudah enggak ada. Habib Hasan meninggal dunia tadi sekitar pukul 06.56 WIB,” pesan dia. Kabar meninggalnya Hasan sontak membuat sebagian masyarakat Solo kaget. Sebab tidak terdengar kabar bahwa Habib Hasan sedang sakit.

Bahkan sosok bertubuh kurus itu terbilang cukup bugar selama menjalani hari-harinya setahun terakhir. Di usianya yang telah lanjut, Hasan Mulachela sangat sering blusukan kampung sekedar untuk berbagi sembako dan uang kepada warga yang tidak mampu.

Aksi Sosial untuk Warga

Bahkan dia menyetir sendiri mobilnya. Tidak hanya di Solo, Hasan Mulachela juga aktif berbagi di Jakarta, Malang, dan Surabaya. Dalam aksi sosialnya Hasan tidak memandang latar belakang agama, suku, dan ras. Dia berbagi kepada warga yang membutuhkan.

Baca juga: Pemkot Solo akan Nol-kan Luasan Lahan Pertanian, Ini Alasannya

Salah seorang politikus PPP Solo, Imron Supomo, mengaku tidak tahu persis penyebab meninggalnya Habib Hasan Mulachela. Tapi menurut informasi yang beredar Hasan meninggal dunia karena serangan jantung.

“Tidak tahu pasti, tapi informasinya jantung,” ujar dia.

Baca juga: Hari Pertama Kerja, Kapolsek Baru Pasar Kliwon Langsung Temui Habib Syech

Menurut Imron sosok Habib Hasan Mulachela sangat menginpirasi masyarakat Solo dengan sepak terjangnya yang tdak kenal lelah. Usia tidak menghalanginya untuk terus berkeliling membagikan sembako dan uang guna meringankan beban warga tidak mampu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya