Politikus PPP Ini Menilai Pemindahan IKN Kepentingan Oligarki

Meskipun pemerintah pusat beralasan IKN ditujukan untuk menggerakkan roda ekonomi, namun Suryanto menilai langkah tersebut hanya akan semakin membebani APBN.

 Politikus PPP Sukoharjo, Suryanto. (Istimewa-dok. pribadi)

SOLOPOS.COM - Politikus PPP Sukoharjo, Suryanto. (Istimewa-dok. pribadi)

Solopos.com, SUKOHARJO — Politikus PPP Sukoharjo, Suryanto, turut ngudarasa terkait rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur. Dia menilai pemindahan ibu kota baru itu hanya mendukung kepentingan oligarki dan bukan untuk membantu menggerakkan ekonomi.

Sebagaimanan diketahui, saat ini pemerintah pusat terus mempersiapkan rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dipastikan proyek tersebut akan terus berjalan pada tahun 2022 melalui rencana pembangunan gedung istana untuk mengejar target rampung pada tahun 2024.

PromosiJejak Cuan Film Nasional

Suryanto menjelaskan alasannya menilai rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terlihat ditujukan untuk kepentingan oligarki karena mengacu data-data yang dia terima terkait kepemilikan tanah di sekitar IKN.

Baca juga: Mengukur Urgensi Dana APBN untuk Proyek IKN

“Pemindahan IKN ini seakan-akan bukan untuk kepentingan NKRI dan seluruh rakyat Indonesia. Tetapi sangat kelihatan kalau ini untuk kepentingan oligarki. Data yang saya terima, tanah sekitar IKN ini milik pengusaha soalnya,” beber mantan anggota DPRD Sukoharjo itu kepada Solopos.com, Rabu (26/1/2022).

Meskipun pemerintah pusat beralasan IKN ditujukan untuk menggerakkan roda ekonomi, namun Suryanto menilai langkah tersebut hanya akan semakin membebani APBN. Hal ini ditambah kondisi pandemi Covid-19 yang seharusnya memicu pemerintah lebih mengutamakan percepatan pemulihan ekonomi sebagai kebijakan prioritas.

“Saya yakin nanti akan mangkrak. Saya berpikir pemerintah harus lebih fokus ke penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, bukan malah bermimpi membangun ibu kota baru,” imbuh dia.

Baca juga: Disebut Berpotensi Mangkrak, Bagaimana Skema Pembiayaan Proyek IKN?

Untuk diketahui DPR RI menyetujui RUU IKN sebagai UU. Hal ini membuat proses pembangunan IKN memiliki landasan hukum yang kuat dan jelas. Diprediksi pembangunan IKN seluas 256,142 hektare itu akan memakan anggaran sebesar Rp466 triliun.

Dilansir bisnis.com, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah tidak berencana memasukkan proyek pembangunan IKN baru ke dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dia menjelaskan, dana pembangunan proyek IKN akan menggunakan alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Terkait IKN, anggarannya ada di PUPR dan memang diperkirakan fase pertama dibutuhkan dana Rp45 triliun, namun secara bertahap, tergantung kebutuhan dan progres,” katanya dalam konferensi pers, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Desain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).