SOLOPOS.COM - Puan Maharani dan Anies Baswedan dalam sebuah momentum pertemuan. (Hops.id)

Solopos.com, JAKARTA – Formula pasangan calon presiden-wakil presiden Puan Maharani-Anies Baswedan kembali mengemuka.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Effendi Simbolon, memilih formula Puan-Anies ideal untuk Pilpres 2024. Alasannya, ada kombinasi ciamik apabila Puan dan Anies maju sebagai pasangan capres-cawapres.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Puan yang juga putri dari Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, itu dinilai cocok apabila dikombinasikan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies dikenal berintelek dan memiliki dukungan dari mayoritas kelompok religius.

Ekspedisi Mudik 2024

Survei Parameter Politik Indonesia: Mayoritas Masyarakat Tak Setuju Jokowi 3 Periode

"Saya pribadi mengusulkan, ya pasangan itu Mbak Puan sebagai capres dan Mas Anies yang pasti didukung Mas Aniesnya, ya [sebagai cawapres]," kata Effendi dalam sebuah diskusi bertajuk Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir secara daring, Sabtu (5/6/2021).

Effendi juga menuturkan kombinasi Puan-Anies ini justru membaurkan kelompok nasionalis dan kelompok religius yang menurutnya selama ini kerap berhadap-hadapan.

"Kita justru harusnya pertemukan antara mereka-mereka yang ada di kolam religius dan kolam nasionalis untuk menyatukan demi kepentingan bangsa Indonesia," ujarnya.

Standar WHO di RS Tak Diterapkan, 189 Nakes di Kudus Terpapar Covid-19

Meski demikian, ia tidak menutupi adanya formula Puan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, alias Kang Emil. Sebab, selain karena kinerjanya yang dianggap baik, Kang Emil juga mengantongi suara pemilih dari Jabar yang tentunya tidak sedikit untuk Pilpres 2024.

"Pesan saya kepada mas RK bahwa peluang itu tetap terbuka karena suara dari Jabar itu sangat besar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya