SOLOPOS.COM - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (JIBI/Solopos/Antara)

Politikus PDIP ditangkap KPK yakni Adriansyah karena disangka terlibat kasus suap.

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 16 pertanyaan dilontarkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Rabu (15/7/2015). Kini ia telah selesai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasto diperiksa sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana suap atau gratifikasi terhadap anggota DPR, Adriansyah, untuk memuluskan perizinan usaha pertambangan batubara PT MMS yang telah lama beroperasi di Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Hasto mengklaim dirinya dicecar sebanyak 16 pertanyaan oleh penyidik KPK, di antaranya 5 pertanyaan berkaitan dengan identitas dari Hasto pribadi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara sisanya adalah pertanyaan berkaitan dengan kader PDIP Adriansyah yang telah tertangkap tangan oleh KPK beberapa waktu lalu di Bali, saat PDIP menyelenggarakan kongres.

“Memberi keterangan terkait saudara Adriansah ada 16 pertanyaan kepada saya dan dari situ ada 5 pertanyaan terkait identitas diri saya,” tutur Hasto seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta.

Dalam pemeriksaan tersebut, Hasto mengklaim juga melakukan klarifikasi penangkapan yang dilakukan KPK terhadap salah satu kader PDIP bernama Adriyansyah.

Menurut Hasto, pihaknya tidak akan memberikan bantuan hukum kepadanya dan Hasto juga membantah PDIP menerima dana dari Andriyansyah dalam kongres.

“Kami melakukan klarifikasi tidak ada bantuan dari yang bersangkutan [Adriansyah] kepada kongres partai, mengingat pada tanggal 2 April bahkan satu bulan sebelumnya bahwa kami tidak menerima dana dari anggota fraksi terkait kongres itu,” tukas Hasto.

?Seperti diketahui, Adriansyah dan Andrew telah ditetapkan sebagai tersangka dalam sebuah operasi tangkap tangan di dua lokasi terpisah, Bali dan Jakarta, Kamis (9/4/2015).

?Mereka diciduk bersama seorang kurir pengantar duit suap yang kemudian dilepaskan oleh KPK dan belakangan diketahui sebagai anggota Polsek Metro Menteng Brigadir Polisi Satu Agung Krisdiyanto.

?Adriansyah diduga melanggar Pasal 12 huruf b atau Pasal 5 ayat 2 juncto Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 KUHPidana.

?Sementara Andrew disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 KUHPidana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya