Politikus Nasdem Dukung Revitalisasi Pasar Tradisional

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Eva Yuliana, mendukung upaya pemerintah menggalakan revitalisasi pasar tradisional. Pemerintah saat ini tengah menggencarkan revitalisasi pasar tradisional yang mengacu ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 tentang Pasar Rakyat.

“Kami mendukung penuh program revitalisasi untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang,” kata Eva dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Sabtu (23/2/2019).

Program revitalisasi pasar rakyat, lanjut Eva, bakal memberikan sejumlah keuntungan, seperti menjadikan pasar lebih layak dan nyaman untuk berbelanja.

Baik para pedagang maupun pembeli akan semakin nyaman dalam beraktivitas di lingkungan pasar. “Pasar apik, insyaallah rejekinya becik,” imbuh Eva.

Calon anggota legislatif (Caleg) Partai Nasdem Daerah Pemilihan (Dapil) V Jateng itu menilai revitalisasi pasar juga mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, Eva berjanji akan terus mendorong dan meningkatkan jumlah revitalisasi pasar di Indonesia. Bahkan tidak hanya fisiknya, tetapi bagaimana mengajarkan pengetahuan pengelolaan pasar rakyat agar berdaya saing dengan pasar moderen.

“Setelah manajemen direvitalisasi maka yang diharapkan adalah memperpendek mata rantai antara produsen dan penjual,” imbuh Eva.

Sementara itu, Penasihat Aprindo, Handaka Santosa, berpendapat revitalisasi ribuan pasar rakyat tentu akan memberikan hasil yang positif dalam perdagangan di kalangan pedagang pasar. Hal itu dikarenakan sarana pasar rakyat menjadi lebih nyaman bagi pengunjung melalui penataan dan berbagai fasilitas penunjang.

“Tentunya, ini juga akan mendorong pencapaian aktivitas pasar yang semakin leluasa dalam membangkitkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Direktur Utama (Dirut) Sogo Indonesia itu menambahkan penataan pasar rakyat sama sekali tidak menimbulkan pengaruh negatif kepada ritel modern. Hal itu dikarenakan, baik pasar rakyat maupun retail modern memiliki segmen market yang berbeda.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan selama empat tahun pemerintah telah merevitalisasi 5.000 pasar rakyat.

Rinciannya, tahun 2015 telah direvitalisasi sebanyak 1.023 unit pasar, 2016 sebanyak 793 unit, 2017 sebanyak 851 unit, 2018 sebanyak 1.545 unit dan 2019 bakal direvitalisasi 1.037 unit pasar.

“Untuk revitalisasi nonfisik yaitu revitalisasi manajemen mengelola penempatan pedagang, pembiayaan dan permodalan dan SOP pelayanan pasar,” papar Enggar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).

Berstatus Ayah-Anak, Gibran Ternyata Juga Mesti Buat Janji Dulu untuk Ketemu Presiden Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata mesti membuat janji dulu jika ingin bertemu ayahnya, Presiden Jokowi.

Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Yusril berpendapat jangan ada partai yang dibentuk dan dikelola 'suka-suka' oleh para pendiri atau tokoh-tokoh penting yang dilegitimasi oleh AD/ART.

Gokil! Pengusaha Batam Beli Kantong Udara Las Vegas Arief Muhammad Rp210 Juta!

Deal pembelian kantong berisi udara Las Vegas Arief Muhammad lewat penawaran di media sosial.

Babak Akhir Kasus Perusakan Nisan Makam Polokarto Sukoharjo, Pengurus dan Ahli Waris Bertemu

Kasus perusakan batu nisan makam di Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, berakhir setelah ahli waris dan pengurus dipertemukan.

Vaksinasi Anjing dan Kucing Cegah Penularan Rabies di Solo

VaksinasiĀ rabies secara gratis diberikan kepada hewan penularĀ rabies

Warga Sragen Jual Obat Terlarang Hingga Ratusan Butir per Hari, Pembeli Mayoritas Anak SMA

Aparat Satuan Narkorba Polres Sragen kembali menangkap seorang pengedar obat-obatan berbahaya.

Sebelum Azis, 2 Pimpinan DPR Ini Lebih Dulu Jadi Pesakitan. Siapa Mereka?

Setya Novanto sempat mundur sebagai Ketua DPR pada Desember 2015.

Acara Lamaran Ria Ricis Penuh Haru, Ini Fakta Teuku Ryan yang Bikin Penasaran

Teuku Ryan yang dikenal sebagai selebgram Aceh banjir air mata saat menyampaikan lamaran untuk Ria Ricis.

Pengembang Geothermal Harus Punya 5 Prinsip Pengembangan Panas Bumi

PT Geo Dipa Energi (Persero) , sebagai BUMN mendorong seluruh pengembang Geothermal untuk memiliki 5 prinsip dasar pengembangan Panas Bumi di Indonesia.