Politikus Nasdem Dukung Revitalisasi Pasar Tradisional

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Eva Yuliana, mendukung upaya pemerintah menggalakan revitalisasi pasar tradisional. Pemerintah saat ini tengah menggencarkan revitalisasi pasar tradisional yang mengacu ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 tentang Pasar Rakyat.

“Kami mendukung penuh program revitalisasi untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang,” kata Eva dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Sabtu (23/2/2019).

Program revitalisasi pasar rakyat, lanjut Eva, bakal memberikan sejumlah keuntungan, seperti menjadikan pasar lebih layak dan nyaman untuk berbelanja.

Baik para pedagang maupun pembeli akan semakin nyaman dalam beraktivitas di lingkungan pasar. “Pasar apik, insyaallah rejekinya becik,” imbuh Eva.

Calon anggota legislatif (Caleg) Partai Nasdem Daerah Pemilihan (Dapil) V Jateng itu menilai revitalisasi pasar juga mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, Eva berjanji akan terus mendorong dan meningkatkan jumlah revitalisasi pasar di Indonesia. Bahkan tidak hanya fisiknya, tetapi bagaimana mengajarkan pengetahuan pengelolaan pasar rakyat agar berdaya saing dengan pasar moderen.

“Setelah manajemen direvitalisasi maka yang diharapkan adalah memperpendek mata rantai antara produsen dan penjual,” imbuh Eva.

Sementara itu, Penasihat Aprindo, Handaka Santosa, berpendapat revitalisasi ribuan pasar rakyat tentu akan memberikan hasil yang positif dalam perdagangan di kalangan pedagang pasar. Hal itu dikarenakan sarana pasar rakyat menjadi lebih nyaman bagi pengunjung melalui penataan dan berbagai fasilitas penunjang.

“Tentunya, ini juga akan mendorong pencapaian aktivitas pasar yang semakin leluasa dalam membangkitkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Direktur Utama (Dirut) Sogo Indonesia itu menambahkan penataan pasar rakyat sama sekali tidak menimbulkan pengaruh negatif kepada ritel modern. Hal itu dikarenakan, baik pasar rakyat maupun retail modern memiliki segmen market yang berbeda.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan selama empat tahun pemerintah telah merevitalisasi 5.000 pasar rakyat.

Rinciannya, tahun 2015 telah direvitalisasi sebanyak 1.023 unit pasar, 2016 sebanyak 793 unit, 2017 sebanyak 851 unit, 2018 sebanyak 1.545 unit dan 2019 bakal direvitalisasi 1.037 unit pasar.

“Untuk revitalisasi nonfisik yaitu revitalisasi manajemen mengelola penempatan pedagang, pembiayaan dan permodalan dan SOP pelayanan pasar,” papar Enggar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Mobil Tertimpa Truk, Bos Indomaret Meninggal di Tol Cipularang

Wiwiek menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Yan Bastian dalam kecelakaan di Tol Cipularang. "Kami semua berduka mendalam atas kepergian beliau," katanya.

Selain di Ruang Kelas, Guru di Solo Usulkan PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka yang diusulkan guru di Solo dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Dampak Positif Drama Korea, Bukan Sekadar Hiburan Penonton

Bukan hanya menghibur penonton, drama Korea juga memberikan sejumlah dampak positif.

Terbit 1855 dan Beraksara Jawa, Inilah Surat Kabar Pertama di Kota Solo

Surat kabar Bromartani yang berbahasa dan beraksara Jawa disebut terbit kali pertama di Solo pada 1855.

Duh! Volume Sampah Masuk ke TPA Mojorejo Sukoharjo Naik 30 Ton per Hari

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo terus berusaha mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Mojorejo, Bendosari.

Netflix Diperkirakan Raup Untung Rp12,87 Triliun dari Squid Game

Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu.

Tak Diundang ke KTT ASEAN, Junta Myanmar Tuding Ada Intervensi Asing

Junta Myanmar menuding adanya intervensi asing atas keputusan ASEAN tidak mengundang pemimpin militer Min Aung Hlaing dalam KTT yang dijadwalkan pada 26-28 Oktober.

Avanza Velos Baru Pakai Teknologi Parkir Elektrik?

Foto yang bocor ke publik menggambarkan Toyota Avanza Velos baru menggunakan sistem rem parkir elektrik.

Paundra Curhat Minta Dihargai, Ini Respons Kerabat Mangkunegaran

Gusti Pangeran Hariyo (G.P.H) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro salah satu kandidat penerus penguasa Mangkunegaran mendadak curhat minta dihargai.

8 Merchant Ini Jadi Favorit di Solo Great Sale 2021

Delapan merchant menjadi favorit pelanggan di ajang Solo Great Sale 2021 yang sudah berlangsung kurang lebih setengah bulan terakhir.

Kasus Pinjol Ilegal Meresahkan di Banyak Wilayah, Bagaimana di Solo?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan edukasi kepada masyarakat. OJK mengimbau masyarakat untuk memastikan legalitas jasa pinjol ketika ingin mengaksesnya.

Andalkan Google Maps, Awal Tragedi Minibus Terguling di Karanganyar

Sopir minibus Isuzu Elf pengangkut rombongan guru asal Demak yang terguling di Matesih, Karanganyar, mengaku mengandalkan Google Maps karena tidak tahu jalan menuju Objek Wisata Air Terjun Jumog.

Berbahasa Sehat Mencegah Konflik

Berbahasa Indonesia secara sehat menjadi sangat penting ketika mengacu pada maraknya penggunaan bahasa di media sosial yang berpotensi menimbulkan konflik.

Ealah... Patungan Beli Sabu, Joplek dan Monyong Dibekuk Polisi Wonogiri

Joplek dan Monyong, dua pria asal Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Wonogiri setelah patungan untuk membeli sabu-sabu.

Sejak Ada Exit Tol, Sragen Timur Mulai Dikepung Pabrik dan Toko Modern

Sejak ada exit tol Sambungmacan, tiga pabrik berskala besar hingga empat minimarket modern mulai mengepung wilayah Sragen bagian timur.