Politikus Hanura: Gibran Nyalon Wali Kota Solo? Jadi Ketua RW Dulu Saja!

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com,   SOLO — Putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, disarankan menjadi ketua rukun warga (RW) di lingkungan tempat tinggalnya dulu sebelum berpikir untuk maju sebagai calon wali kota (cawali) Solo.

Saran itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Solo yang juga Ketua DPC Partai Hanura Solo, Abdullah A.A. Politikus kawakan Kota Bengawan itu mengaku dikejutkan dengan mencuatnya nama Gibran sebagai figur potensial cawali Solo. 

Walau menyatakan mendukung gerakan anak muda, dia menyayangkan bila Solo dipimpin figur yang belum berpengalaman.

“Kalau saya melihat [Gibran] masih terlalu dini lah. Ya mungkin sementara ini jadi ketua RW dulu untuk latihan. Saya melihat, maaf-maaf saja, jangan euforia seperti itu. Memilih pemimpin hendaknya dari kemampuan,” ujar dia, Selasa (6/8/2019).

Abdullah menyatakan dirinya tidak bermaksud mengecilkan sosok Gibran sebagai pengusaha muda. Dia hanya tidak ingin dalam mencari pemimpin pemerintahan atau kepala daerah hanya terkesan main-main.

Abdullah menilai keberhasilan Gibran menjadi pengusaha kuliner tidak lepas dari statusnya sebagai anak Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Karena dia anaknya Jokowi, buka martabak bagus. Maaf lo ya. Coba dia bukan anak dari Pak Jokowi,” kata dia.

Abdullah mengajak semua pihak mencermati peran dan kontribusi para tokoh yang disebut-sebut potensial menjadi cawali Solo. Dimulai dari apa yang selama ini mereka berikan kepada masyarakat (tetangga) di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing.

“Coba tanya ke Gibran, apa yang telah dia berikan ke lingkungannya. Apa saja yang telah dia perbuat. Termasuk di sekolah, apa karier organisasi di sekolahnya. Apakah pengurus OSIS, Pramuka, atau apa. Jangan hanya popularitas,” sambung dia.

Di sisi lain, Abdullah menilai sosok Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa merupakan figur yang cukup baik sebagai cawali dan cawawali Solo. Dua orang itu belakangan santer disebut-sebut sebagai pasangan cawali-cawawali Solo yang akan diusung PDIP.

“Saya melihat sudah ada arah Pak Pur dengan Pak Teguh sudah matang dan tepat. Saya melihat mereka lebih positif sebagai cawali-cawawali,” imbuh dia.

Penuturan senada disampaikan legislator Fraksi PDIP DPRD Solo, Wawanto, yang menyarankan Gibran terlebih dulu belajar di dunia politik sebelum benar-benar terjun di Pilkada Solo.

“Sah-sah saja hak warga negara untuk mencalonkan diri dan PDIP terbuka dengan siapa pun. Tapi kan ada mekanisme internal.  Saya sarankan ke Gibran, karena masih muda, lebih baik belajar dulu di dunia politik,” ujar Wawanto kepada Solopos.com melalui telepon.

Dia menilai posisi Gibran saat ini berbeda dengan Jokowi saat Pilkada Solo 2005 lalu. Saat Pilkada Solo 2005 usia Jokowi sudah cukup matang dan banyak makan asam-garam pengalaman. Jokowi juga banyak malang melintang di mancanegara.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Pimpinan MIT Ali Kalora Tewas Tertembak, Ini Foto-Foto Barang Bukti yang Ditemukan

Kontak tembak terjadi Sabtu (19/9/2021) antara Satgas Madago Raya dan kelompok teroris MIT Poso

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Voice Note di Whatsapp Kok Terdengar Lebih Cepat? Kenali Cara Ubah Setelannya

Kenali setelan kecepatan pemutaran pesan suara/voice note pada aplikasi Whatsapp.

Ali Kalora Ditembak Mati Satgas Madago Raya, Mahfud Md Minta Masyarakat Tenang

Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Ali Kalora, tewas ditembak Satgas Madago Raya. Menko Polhukam Mahfud Md meminta masyarakat tetap tenang.

Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Kuliner Pekalongan berupa pindang tetel menjadi sajian yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana, karena rasanya yang lezat tiada duanya.

Wajib Tahu! Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Tahukah Anda kali ini membahas tentang sederet manfaat aplikasi PeduliLindungi.

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.