Kaesang Pangarep (berbaju hitam) saat menghadiri salat jenazah Ani Yudhoyono di KBRI Singapura, Sabtu (1/6/2019). (Twitter)

Solopos.com, SINGAPURA — Istri presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyo, yang meninggal di Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura, Sabtu (1/6/2019), sempat disalatkan di masjid KBRI di Singapura. Dalam salat jenazah itu, hadir putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang turut menyalatkan bersama beberapa hadirin lainnya.

Kehadiran Kesang dalam salat jenazah itu sempat menuai kritik lantaran pakaian yang ia kenakan. Pria yang kini tengah menempuh studi di Singapura itu mengenakan kaus hitam lengan panjang dan celana jins kala menyalatkan jenazah Ani Yudhoyono.

Di tengah kritik yang cukup deras, sikap Kaesang saat salat jezah Ani Yudhoyono juga menuai pujian. Bahkan, Kaesang dipuji dua politikus Partai Demokrat sekaligus, yakni Wasekjen Partai Demokrat Rachlan Nashidik dan mantan Wasekjen Partai Demokrat Partai Demokrat Andi Arief.

Melalui akun Twitternya, @RachlanNashidik, Rachlan menyampaikan Kaesang menunjukkan sikap yang amat sopan kepada keluarga SBY. Rachlan bahkan mengaku terharu saat menyaksikan Kaesang hendak mencium tangan dua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY).

"Kemarin [Sabtu] saat Jenazah Ibu Ani disalatkan di Masjid KBRI, Kaesang datang. Ia antri menunggu. Saat giliran tiba, ia menunduk takzim dan mencium tangan Pak SBY. Ia bahkan akan mencium tangan EBY dan AHY tapi langsung dipeluk. Anak muda berbudi. Saya terharu menyaksikan momen itu," kicau Rachlan, Minggu (2/6/2019) pagi.

Di waktu yang hampir bersamaan, Andi Arief juga melalui akun Twitternya, @AndiArief__, mengapresiasi sikap Kaesang kala hadir dalam salat jenazah Ani Yudhoyono. Senada dengan Rachlan, Andi mengisahkan putra orang nomor wahid di Nusantara tersebut rela mengantre bersama masyarakat lainnya untuk menyalatkan jenazah Ani Yudhoyono.

"Setelah salat jenazah Ibu Ani di mesjid KBRI Singapura, ada anak muda yang sederhana setengah duduk mencium tangan Pak SBY, lalu SBY berdiri memeluknya. Anak muda itu sebelumnya mengantri bersama masyarakat untuk mendoakan Ibu Ani, anak itu namanya @kaesangp," tulis Andi Arief.

Meski dipuji dua politikus Partai Demokrat tersebut, Kaesang belum memberikan tanggapannya di akun media sosialnya. Ia justru sibuk menanggapi berbagai kritik atas pakaian yang ia kenakan di salat jenazah Ani Yudhoyono dengan meminta maaf melalui akun Twitternya, @kaesangp.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten