SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL-Jelang pemilu yang tinggal menghitung hari, kabar aksi politik uang kian merebak di Bantul. Tidak hanya memberikan barang, tim sukses (timses) caleg dikabarkan sibuk bergerilya ke rumah-rumah menebar uang puluhan ribu rupiah.

Sejumlah warga di Bantul mengungkapkan, aksi politik uang yang terjadi di daerah ini. Sumber Harian Jogja di Kecamatan Sanden mengungkapkan, aksi bagi-bagi uang dilakukan hampir mayoritas caleg dari berbagai partai politik (Parpol).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim sukses caleg tersebut mendatangi satu per satu rumah-rumah penduduk pada malam hari dan membagi-bagikan uang senilai Rp20.000-Rp30.000 per orang.

“Ngeri kalau di sini, semua orang sudah tahu soal itu, semuanya pada main uang, jarang ada yang bersih,” kata sumber itu yang meminta identitasnya dirahasiakan, Minggu (6/4/2014).

Ia sendiri, kata sumber itu, tidak disinggahi oleh tim sukses caleg untuk diberi uang karena kedekatannya dengan salah satu partai politik. Namun mulai dari kerabat hingga tetangga di kampungnya tak luput dari aksi politik uang.

“Warga itu bahkan menunjukkan kebodohannya dengan bilang kalau enggak dikasih uang enggak mau nyoblos, itu kan benar-benar pragmatis sekali,” imbuhnya.

Tidak hanya menebar uang, caleg itu sebagian membagi-bagikan barang. Seperti mesin genset untuk sekelompok warga. “Jadi dusun saya itu kan ada sekitar 300-an pemilih, itu mereka minta ke caleg diberi genset enggak hanya uang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya