Politeknik PPKP Jogja Gelar Uji Kompetensi
Suasana pengarahan mahasiswa baru Politeknik PPKP Jogja. (JIBI/Harian Jogja/Politeknik PPKP)

Solopos.com, JOGJA—Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyiapkan lulusan agar dapat diterima di dunia kerja, Politeknik PPKP Jogja sesuai dengan Tag Line Kuliah Singkat & Cepat Kerja atau Link and Match menyelenggarakan Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh Tim dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Piksi Ganesha Bandung yang menaungi Politeknik PPKP Jogja.

Ahmad Chusyairi, PuDir-I PPKP Jogja melalui rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (3/9/2014) menyampaikan uji kompetensi adalah proses pengujian dan penilaian oleh tenaga ahli di bidangnya untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi hasil belajar peserta didik pada suatu jenis dan tingkat pendidikan tertentu.

LSP Piksi Ganesha sebagai lembaga independen di bawah naungan Yayasan Piksi Ganesha dan pedoman BNSP  (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), lanjutnya, bertugas menyelenggarakan standardisasi kompetensi kerja, menyiapkan materi uji serta mengakreditasi unit-unit Tempat Uji Kompetensi dan menerbitkan Sertifikasi Kompetensi dan dalam menjalankan tugas dan fungsinya mengacu kepada visi dan misi.

“BNSP adalah Lembaga independen yang bertanggung jawab kepada presiden, bertugas menyelenggarakan sertifikasi kompetensi kerja, keanggotaan terdiri dari 15 orang unsur swasta dan 10 orang unsur pemerintah yang dibentuk berdasarkan PP No.23/2004 atas perintah UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Sertifikasi Kompetensi, menurut dia, adalah proses pemberian sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasainya, karena pasar kerja nasional dan internasional menuntut tersedianya tenaga-kerja yang kompeten di setiap bidang. Banyak industri dan organisasi mempersyaratkan agar tenaga-kerjanya memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel

Uji Kompetensi di Politeknik PPKP Jogja diselenggarakan setiap tahun pada akhir semester genap meliputi tiga kategori/tingkat, yakni Dasar, Menengah dan Lanjut. Untuk tahun ini dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2014 dengan mendatangkan Asessor dari Bandung dan Tenaga Ahli sebagai penguji dari Dosen PPKP dengan diikuti oleh 123 Mahasiswa Angkatan 2013/2014.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho