SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO—Para pengrajin gitar di Mancasan, Baki, Sukoharjo, dinilai belum maksimal dalam memanfaatkan promosi melalui online dan membuat laporan keuangan. Karena itu mereka mendapat pelatihan dari Politeknik Indonusa.

Pelatihan akuntansi dan promosi online  dalam Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) kepada kelompok usaha gitar di wilayah Mancasan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jumat (19/7/2019). Pelatihan digelar sebagai upaya meningkatkan pengembangan industri gitar di wilayah tersebut. Empat dosen terlibat dalam pelatihan itu di antaranya Wahyu Tri Hastiningsih selaku ketua tim, serta tiga anggota lainnya masing-masing Junaidi, Andita Sari, dan Ichwan Prastowo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wahyu Tri Hastiningsih mengatakan pelatihan akuntansi dan promosi online sebagai tindak lanjut program pengabdian masyarakat yang sebelumnya telah dilaksanakan berupa pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada April lalu. ”Sekarang kami laksanakan pelatihan akuntasi dan promosi online, karena selama ini masih banyak pelaku industri di Mancasan belum melek soal itu,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menemukan beberapa pelaku industri gitar masih menerapkan sistem akuntansi yang belum tercatat secara baik. Sistemnya pun masih manual. Begitu pula dari segi pemasaran, para pengrajin gitar belum memanfaatkan secara maksimal media online dalam mempromosikan produk mereka. Para pengrajin hanya memanfaatkan jaringan yang telah ada, tanpa upaya mengembangkan pemasaran produknya lebih luas lagi.

”Karena itu kami di sini ingin memberikan pendampingan kepada satu pelaku usaha gitar, dalam hal ini Java Guitar di Mancasan,” katanya.

Pemilik Java Guitar, Ari Kustanto, mengaku sangat mengapresi adanya pelatihan akutansi dan promosi online yang dilaksanakan Politeknik Indonusa Surakarta kepada kelompok usaha gitar. Sebab selama ini dirinya hanya mengandalkan jejaring pelanggan sebagai media promosinya. Sedangkan untuk media sosial, dia belum menggunakannya secara maksimal.

”Sebenarnya sudah promisi lewat Facebook [FB]. Tapi belum maksimal, karena harus COD dan lain-lain sementara jumlah tenaga masih terbatas,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya