Politeknik ATMI Solo Diskusikan Kerja Sama Sekolah Afiliasi & Industri
FGD Kerja Sama IDUKA dengan Satuan Pendidikan Vokasi di The Alana Hotel and Convention Center, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jateng, Kamis (26/11/2020). (Solopos.com-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, KARANGANYAR — Politeknik ATMI Solo, Kamis (26/11/2020), menggelar focus group discussion (FGD) bersama lima lembaga pendidikan dan tujuh mitra industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA) di The Alana Hotel and Convention Center, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Politeknik ATMI Solo mendorong lembaga pendidikan vokasi dan Mitra Iduka melakukan kerja sama dan melakukan pendampingan berkelanjutan.

Belasan Ular Kobra Sembunyi di Rumah, Warga Bogor Heboh…

Wakil Direktur Bidang Kerja sama dan Pusat Karir Politeknik ATMI Solo, F.X. Suryadi, menjelaskan memberikan pendampingan kepada SMK Leonardo Klaten, SMK Katolik St. Mikael Surakarta, SMK Kristen 2 Surakarta, Politeknik Santo Paulus Surakarta, dan Akademi Teknik PIKA.

“Kami mendorong adanya bentuk kerja sama, seperti  magang siswa atau guru, industri mengirim SDM [sumber daya manusia] untuk mengajar dan sharing teknologi, pengembangan produk, dan industri dapat memesan produk ke pendidikan vokasi,” katanya kepada Espos di sela-sela acara.

Sesuaikan Kebutuhan IDUKA

Menurut Suryadi, lembaga pendidikan membutuhkan industri untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan perkembangan kebutuhan IDUKA. Sedangkan industri membutuhkan SDM yang siap dari lembaga pendidikan vokasi.

“Sebelumnya kami melakukan asesmen untuk mengetahui kesenjangan institusi pendidikan dengan industri. Melakukan improvement [perbaikan] dan penguatan sesuai yang kami kerjakan yang lebih dikenal dengan TEFA [Teaching Factory]," katanya.

Mesum di Bajaj, Kakek-Kakek dan Wanita Muda Diusir Warga

Dia menjelaskan, pencapaian pendidikan vokasi untuk para lulusan  memiliki kompetensi menghasilkan suatu produk. Politeknik ATMI Solo melakukan pendampingan berkelanjutan setelah FGD.

Adapun IDUKA yang berpartisipasi dalam FGD kemarin siang, yaitu PT ATMI Bizdec, CV Solo Abadi, PT Surya Tekno Mandiri, PT Hilano, PT Indotech Trimitra Abadi, CV Pradipta Paramita,  Ikatan Keluarga Alumni Kolese Mikael (IKAMI).

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom