Tutup Iklan

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

 Personel Polsek jajaran Polres Wonogiri mengikuti latihan peningkatan kemampuan berkendara dan mengemudi di halaman GOR Girimandala, Kabupaten Wonogiri, Kamis (14/10/2021). (Istimewa/Polres Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Personel Polsek jajaran Polres Wonogiri mengikuti latihan peningkatan kemampuan berkendara dan mengemudi di halaman GOR Girimandala, Kabupaten Wonogiri, Kamis (14/10/2021). (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRIPolres Wonogiri meningkatkan kemampuan berkendara dan mengemudi anggota polsek. Kegiatan itu digelar di halaman kompleks GOR Girimandala, Kabupaten Wonogiri, pekan lalu.

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas. Kegiatan ini sebagai respons banyaknya jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Wonogiri.

Pada 2021 ini hingga pekan kedua Oktober, kecelakaan lalu lintas tercatat 500 kejadian yang mengakibatkan 56 korban meninggal dunia. Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Suwondo, melalui Kasubsi Penmas, Aipda Iwan Sumarsono kepada Solopos.com, Selasa (19/10/2021), menginformasikan pelatihan digelar pada Rabu-Kamis (13-14/10/2021) lalu.

Baca Juga: Bupati Pastikan Atlet Klaten Peraih Medali PON XX Papua Dapat Tali Asih

Kegiatan diikuti 370 anggota Polsek dan Polres. Menurut Iwan, program ini dibuat Kapolres, AKBP Dydit Dwi Susanto setelah berkoordinasi dengan sejumlah pejabat Polres, termasuk dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas). Kapolres prihatin karena hingga Oktober ini kecelakaan lalu lintas terjadi di Kabupaten Wonogiri sudah menembus 500 kejadian dengan korban meninggal dunia 56 orang.

Pada 2020 lalu jumlah kecelakaan lalu lintas tercatat 686 kejadian mengakibatkan 65 korban meninggal dunia. “Instruktur pelatihan dari personel yang sudah punya sertifikat master dan dilatih Korlantas Mabes Polri,” ucap Iwan mewakili Kapolres saat dihubungi.

Materi latihan dibagi menjadi dua, yakni latihan berkendara (sepeda motor) dan latihan mengemudi (mobil). Materi tersebut diberikan secara teori dan praktik.

Baca Juga: Anak di Bawah 12 Tahun Akhirnya Boleh Masuk Objek Wisata di Klaten

Pada saat praktik banyak peserta pelatihan yang tak lancar dalam mengatasi rintangan. Mereka menabrak pembatas-pembatas jalur. Mereka diminta mengulang hingga tidak terjadi kesalahan.

“Kapolres meminta personel Polsek yang telah dilatih menggelar pelatihan serupa di wilayah tugas masing-masing dengan peserta kegiatan masyarakat umum. Ini agar kemampuan berkendara/mengemudi masyarakat juga meningkat untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas,” imbuh Iwan.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.