Polisi Tunggu Hasil Laboratorium Keracunan Massal di Ponpes Madiun

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Aparat Polsek Kebonsari masih menyelidiki kasus dugaan keracunan makanan yang menimpa puluhan santri Pondok Pesantren Babussalam, Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Polisi menunggu hasil uji laboratorium sampel makanan yang dimakan para santri.

Kapolsek Kebonsari, AKP Sumardji, mengatakan jumlah santri yang dilarikan ke Puskesmas maupun RSUD Dolopo ada sebanyak 36 orang. Para santri ini ada yang dirawat satu hari, dua hari, dan ada yang sudah tiga hari atau sampai Senin (11/2/2019).

“Sampai hari ini ada dua santri perempuan yang masih dirawat di rumah sakit. Tapi dua santri ini rencananya sudah diperbolehkan pulang hari ini. Kemarin Minggu ada enam santri. Setelah kondisinya membaik, mereka diperbolehkan pulang,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Senin.

Sumardji menyampaikan pemulangan para santri ini memang berbeda-beda. Karena melihat kondisi fisiknya. Namun, sebagian besar sudah dipulangkan.

Dia menuturkan pihaknya belum bisa memastikan kasus ini sebagai kasus keracunan makanan karena masih menunggu hasil uji laboratorium. Setelah itu baru bisa diketahui apakah makanan yang dikonsumsi para santri pada Jumat (8/2/2019) malam itu bermasalah atau tidak.

“Sampel makanan sudah diambil Sabtu lalu. Ini masih diuji di laboratorium Ponorogo. Kami menunggu itu,” ujar dia.

Para santri ponpes tersebut mengeluh sakit perut dan pusing setelah memakan nasi soto dan buah melon. Kemudian mereka dilarikan ke rumah sakit.

Juru masak pondok pesantren dan petani melon telah diperiksa untuk melengkapi penyelidikan. Untuk seluruh makanan yang disajikan, kata dia, semuanya baru.

Bahkan ayam yang dimakan juga merupakan ternak peliharaan pondok pesantren. Selain itu, buah melon yang dimakan milik petani yang lahannya berada di kawasan pondok.

“Makanan yang dimakan itu semuanya baru. Ini juru masak pondok memang kerap dipanggil untuk memasakkan para santri,” ujarnya.

Selain telah memeriksa juru masak pondok, kepolisian berencana memeriksa pihak pondok pesantren untuk proses penyelidikan. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Prudential Berikan Respons Positif, Wanda Hamidah Senang

Sebagai bentuk respons positif lainnya terhadap keluhan Wanda Hamidah, pihak Prudential meminta ibu tiga anak itu untuk memberikan dokumen pendukung.

Sempat Jadi Primadona, Begini Nasib Kol Kuning Penyapu Jalanan Klaten

Pada 1990-an hingga 2000-an, kol kuning menjadi angkutan umum primadona di Klaten, sekarang nasibnya tidak semujur masa lalu karena kesulitan mencari penumpang.

Indeks Kinerja Dinilai Bagus, UNS Solo Dapat Insentif Rp23,5 Miliar

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mendapatkan penghargaan berupa dana insentif senilai Rp23,5 miliar karena penilaian indeks kinerjanya tinggi.

Nikah Secara Islam, Resepsi Anak Bill Gates Habiskan Rp28 Miliar

Putri Bill Gates, Jennifer Gates, telah sah menikah secara Islam dengan Nayel Nassar, pria Arab yang merupakan atlet berkuda profesional dan bukan orang sembarangan.

Sukses di Karier, Para Artis Ini Membelikan Rumah untuk Orang Tua

Tak hanya membelikan rumah untuk orang tua, para artis juga sering mengajak orang tua mereka berpiknik ke luar negeri.

Riset Ungkap Bahan Kimia dalam Make Up Picu Kematian di AS, Benarkah?

Bahan kimia yang digunakan dalam make up berwadah plastik diduga dapat memicu sedikitnya 100.000 kematian pada orang dewasa Amerika Serikat (AS).

38 Kendaraan Berknalpot Brong Kembali Disita Polres Karanganyar

Sebanyak 38 kendaraan berknalpot brong atau tidak standar kembali disita dalam razia yang digelar di Jl. Lawu oleh Satlantas Polres Karanganyar.

DSLR Modal Sukses Fotografer Cantik Tawangmangu? Yuk Intip Harganya

Salah satu modal sukses fotografer cantik di Tawangmangu yang viral di media sosial adalah kamera DSLR, berikut harga pasarnya.

Mobil Tertimpa Truk, Bos Indomaret Meninggal di Tol Cipularang

Wiwiek menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Yan Bastian dalam kecelakaan di Tol Cipularang. "Kami semua berduka mendalam atas kepergian beliau," katanya.

Selain di Ruang Kelas, Guru di Solo Usulkan PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka yang diusulkan guru di Solo dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Dampak Positif Drama Korea, Bukan Sekadar Hiburan Penonton

Bukan hanya menghibur penonton, drama Korea juga memberikan sejumlah dampak positif.

Terbit 1855 dan Beraksara Jawa, Inilah Surat Kabar Pertama di Kota Solo

Surat kabar Bromartani yang berbahasa dan beraksara Jawa disebut terbit kali pertama di Solo pada 1855.

Duh! Volume Sampah Masuk ke TPA Mojorejo Sukoharjo Naik 30 Ton per Hari

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo terus berusaha mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Mojorejo, Bendosari.

Netflix Diperkirakan Raup Untung Rp12,87 Triliun dari Squid Game

Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu.

Tak Diundang ke KTT ASEAN, Junta Myanmar Tuding Ada Intervensi Asing

Junta Myanmar menuding adanya intervensi asing atas keputusan ASEAN tidak mengundang pemimpin militer Min Aung Hlaing dalam KTT yang dijadwalkan pada 26-28 Oktober.