Polisi Telusuri Aliran Duit Operasi Plastik Ratna Sarumpaet
Aktivis Ratna Sarumpaet tiba di Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/10/2010). Pelaku hoax itu ditangkap pihak kepolisian di Bandara Soekarno Hatta saat akan pergi ke luar negeri./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay

Solopos.com, JAKARTA -- Polda Metro Jaya berencana melakukan pemeriksaan tambahan terkait operasi plastik yang dilakukan Ratna Sarumpaet (RS). Polisi menyatakan ada yang belum sesuai dari keterangan Ratna.

Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya, mengungkapkan pihak kepolisian melakukan pemeriksaan tambahan pada pukul 13.00 WIB terkait operasi yang dijalani tersangka berinisial RS ini.

"Garis besar daripada pemeriksaan berkaitan dengan operasi. Jadi masih belum ada kesesuaian antara keterangan dari Bu Ratna. Misalnya berkaitan dengan operasi pertama, apakah ada operasi kedua, pembiayaan dari mana, kita lakukan pemeriksaan tambahan," ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya pada Senin (22/10/2018).

Terkait dengan dugaan penyalahgunaan dana bantuan sosial yang digalang Ratna Sarumpaet untuk korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, pihak kepolisian hingga kini masih dalam proses penyelidikan.

"Masalah untuk rekening yang beredar berkaitan dengan [peristwa kapal tenggelam] Danau Toba sama dengan [rekening] yang digunakan untuk operasi, masih kita lakukan penyelidikan," ujar Argo.

Terkait dengan pembiayaan operasi plastik tersebut, pihak kepolisian hingga kini belum melakukan pemblokiran terhadap rekening Ratna Sarumpaet. Pemeriksaan masih berfokus pada kasus hoaks. Berkas perkara pun sedang dilengkapi penyidik sehingga penahanan Ratna akan ditambah hingga 40 hari masa penahanan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom