Polisi Tangkap Pelaku Mutilasi Jasad dalam Koper di Apartemen Kalibata Jakarta
ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA-- Polisi mengungkap penemuan mayat korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Pelaku saat ini telah ditangkap polisi.

"Pelaku ditangkap sama Polda [Polda Metro Jaya] di Depok," kata Kanit Reskrim Polsek Pancoran Iptu Supardi saat dihubungi wartawan.

Supardi menyebut saat ini pelaku sudah diamankan di Polda Metro Jaya. "Sekarang pelaku dibawa ke Polda," imbuh Supardi seperti dilansir Detikcom, Kamis (17/9/2020).

Supardi menjelaskan, penemuan mayat mutilasi di Apartemen Kalibata City itu berawal dari laporan orang hilang. Korban dilaporkan hilang sejak 9 September 2020.

Sebelumnya, korban ditemukan pada Rabu (16/9/2020) pukul 19.00 WIB. Jasad korban ditemukan di lantai 16 Tower Ebony Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan.

"Iya hari ini. Dari kemarin infonya ada bandeng [mayat] dicari nggak ada, akhirnya ketahuan yang nangkap Polda. Laporannya dari tanggal 9 September," bebernya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkap identitas korban adalah Rinaldi Harley Wismanu. Rinadli Harley Wismanu dilaporkan hilang oleh keluarganya sejak 9 September 2020.

"Iya betul, itu Rinaldi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu.

Serial Thailand The Gifted: Graduation Trending Di Tayang Perdana

Keluarga Melapor Kehilangan

Yusri Yunus mengatakan bahwa korban mutilasi adalah Rinaldi Harley Wimanu, yang dilaporkan hilang sejak 9 September 2020.

Keluarga pun telah melaporkan perkara tersebut di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/9). Laporan tersebut tertuang dalam laporan bernomor B/12.426/IX/YAN2.4/2020/SPKT PMJ.

"Jadi kaitan dengan LP (laporan orang hilang) tadi, kemudian hasil penyelidikan ditemukan jenazahnya di situ dalam kondisi dimutilasi dalam koper yang dibungkus," jelas Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Yusri membenarkan jasad korban dimutilasi. Hanya, Yusri tidak menjelaskan berapa bagian tubuh korban yang dimutilasi. "Jadi potongan-potongannya dibungkus menggunakan tas keresek dan ditaruh di dalam koper," imbuhnya.

Dari hasil penyelidikan, diketahui korban terakhir kali terlacak di Apartemen Tamansari, Semanggi, dan kantor di Pancoran, Jakarta Selatan. Kemudian korban dimutilasi dan mayatnya disimpan di Apartemen Kalibata City.

Takut Suami Selingkuh? Cek Tanda-Tanda Pasangan Setia Di Sini

Youtube Ren Banjir Ucapan Belasungkawa

Rinaldi Harley Wismanu ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. (detikcom)
Rinaldi Harley Wismanu ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. (detikcom)

Penemuan mayat korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, menggegerkan warga. Informasi yang dihimpun detikcom, Rinaldi Harley Wismanu bekerja di sebuah perusahaan kontraktor asal Jepang. Dia menjabat HRD di perusahaan tersebut.

Dari penelusuran , Rinaldi Harley Wismanu pernah membuat konten di akun Youtube TV IVS. 'Merantau di Negri Sakura', demikian judul konten YouTube tersebut.

"Indonesian student : Rinaldi Harley Wismanu (Ren) is a Master Student of Tokyo University of Foreign Studies. Ren is living in Fuchu city, Western part of Tokyo. He has already been 6 years lived in Japan. Ren will introduce about daily life in Japan as an Indonesian (student) viewpoint. Episode1 : Around Tokyo University of Foreign Studies. City of Fuchu," demikian deskripsi pada konten Youtube tersebut.

Dalam video YouTube tersebut, Ren memperkenalkan diri sebagai mahasiswa Indonesia yang sedang melakukan studi di Tokyo University of Foreign Studies di Kota Fuchu, Jepang.

"Konichiwa, halo Indonesia, apa kabar? Nama saya Ren, perkenalkan. Hari ini saya akan memandu teman-teman mengenai kehidupan di Jepang dengan tema adalah pelajar. Di Jepang itu seperti apa kehidupannya?" ujar Ren.

Ren menjelaskan soal kampusnya yang dibangun pada 1949. Ren kemudian mengeksplorasi kampus tempatnya belajar, mulai dari perpustakaan, musala, hingga asrama tempatnya tinggal.

Sejoli Remaja SMP Dinikahkan Gara-Gara Telat Pulang Habis Jalan-Jalan

Reaksi Tetangga

Rinaldi Harley Wismanu ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Apartemen itu sendiri dihuni oleh pelaku. Penghuni apartemen yang bertetangga tidak pernah menaruh kecurigaan di lokasi tersebut.

"Nggak ada rasa curiga, nggak ada aneh-aneh juga perasaan," ujar S, penghuni di lantai 16 Tower Ebony Apartemen Kalibata City, kepada detikcom, Rabu malam.

Menurut S, kamar yang menjadi lokasi penemuan mayat itu dihuni dua pria dan satu perempuan berambut pirang. Seingat S, mereka menghuni apartemen tersebut sejak sebulan yang lalu.

"Penghuninya itu baru sebulanan kalau tidak salah," imbuh S.

Selama mereka tinggal, S mengaku tidak pernah melihat aktivitas mencurigakan di kamar apartemen tersebut. Bahkan, S sering mendapati pintu kamar apartemen tersebut terbuka.

"Pernah sesekali lihat pas balik kantor, karena kamarnya selalu kebuka, nggak lebar sih bukanya," lanjutnya.

S juga mengaku pernah satu lift dengan penghuni kamar yang diduga pelaku pembunuhan sadis tersebut. "Papasan atau selift seinget saya pernah. Nggak ada rasa curiga," tuturnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom