Polisi Sukoharjo Bongkar Pencurian Uang Lewat Kartu ATM, Ini Modusnya

Petugas telah memeriksa sejumlah saksi termasuk teman kerja korban di PT Delta Dunia Textil 2, Kecamatan Grogol.

 Polisi menginterogasi tersangka kasus pencurian uang di ATM saat gelar perkara dan barang bukti di Mapolsek Grogol, Sukoharjo, Jumat (22/4/2022). (Solopos/R Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Polisi menginterogasi tersangka kasus pencurian uang di ATM saat gelar perkara dan barang bukti di Mapolsek Grogol, Sukoharjo, Jumat (22/4/2022). (Solopos/R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Aparat Polsek Grogol, Sukoharjo, membongkar kasus pencurian uang di anjungan tunai mandiri (ATM) dengan tersangka, Andri Ristianto, warga Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Pelaku diketahui sudah 13 kali menjalankan aksinya sejak September 2021.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (22/4/2022), pengungkapan kasus pencurian di ATM bermula saat Lilis Suryaningsih, warga Desa Bakalan, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, hendak mengambil uang di ATM BRI Godog, Kecamatan Polokarto, pada 7 Maret 2022. Kala itu, Lilis hendak mengambil gaji bulanan via mesin ATM.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Namun, kartu ATM yang dibawa Lilis itu terblokir lantaran sudah tiga kali salah memasukkan kode Personal Indentity Number (PIN). Lilis lantas mencetak rekening koran di kantor BRI Polokarto. Saat melihat buku rekening, Lilis kaget lantaran gaji bulan senilai Rp2.350.000 raib. Dia lantas melaporkan kejadian itu ke Polsek Grogol.

Baca juga: Polisi Wonogiri Ditembak Tim Resmob Polresta Solo di Sukoharjo

Kapolsek Grogol, AKP Dodiawan, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan petugas langsung melakukan penyelidikan guna mengungkap kasus pencurian di ATM tersebut. Berdasarkan hasil penyelidikan, terungkap bawah pelaku yang membawa ATM korban mengambil uang di mesin ATM BRI Langenharjo di sekitar Indomaret.

“Sebenarnya, ATM yang digunakan Lilis saat mengambil uang di ATM BRI Godog bukan miliknya melainkan milik Dwi Listiana Putri yang [sebelumnya] juga menjadi korban pencurian uang di ATM,” kata Dodiawan, saat gelar perkara dan barang bukti di Mapolsek Grogol, Jumat.

Menganalisis Rekaman Kamera CCTV

Petugas telah memeriksa sejumlah saksi termasuk teman kerja korban di PT Delta Dunia Textil 2, Kecamatan Grogol. Guna menguatkan alat bukti, petugas juga mengalisis rekaman kamera CCTV atau closed circuit television yang dipasang di depan Indomaret Langenharjo. Rekaman kamera itu sinkron dengan keterangan para saksi. Aparat langsung menangkap pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai anggota satpam di PT Delta Dunia Textil 2.

Baca juga: Dishub & Polres Sukoharjo Cek Kelaikan Bus dan Sopir, Ini Hasilnya

“Jadi korban dan pelaku sama-sama bekerja di satu perusahaan. Modusnya, pelaku berkeliling di area parkir sepeda motor karyawan pabrik. Pelaku mencongkel jok sepeda motor dan mengambil dompet karyawan yang berisi kartu ATM dan kartu tanda penduduk (KTP). Pelaku langsung menuju ATM dengan memasukkan kode PIN secara spekulasi sesuai tanggal lahir di KTP korban,” ujar dia.

Diketahui, dalam aksinya pelaku menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM korban sebelumnya yang telah dikuras isinya. Dengan demikian, korban yang baru tersebut tak sadar bahwa kartu ATM miliknya telah dicuri dari dompet.

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan tersangka diketahui sudah 13 kali melakukan aksi pencurian uang di ATM di Soloraya. Menurutnya, sebagian besar korban merupakan karyawan pabrik yang menyimpan dompet di jok sepeda motor.

Baca juga: Pemkab Sukoharjo Sesalkan Warga Nekat Jebol Benteng Keraton Kartasura

Barang bukti yang disita dari tangan tersangka berupa kartu ATM, tiga obeng, rekening koran, satu unit sepeda motor. Menurut AKP Dodiawan, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal selama tujuh tahun penjara.

Sementara tersangka Andri mengatakan kartu ATM yang telah dikuras uangnya disimpan dan ditukarkan kepada korban lainnya. Andri mengaku nekat mencuri uang milik sesama karyawan pabrik lantaran terdesak kebutuhan hidup. “Saya mengambil uang di ATM sudah 13 kali. Semuanya merupakan karyawan PT Delta Dunia Textil 2,” kata dia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).