Ilustrasi petasan. (Solopos)

Madiunpos.com, BONDOWOSO -- Puluhan kantong plastik berisi bubuk mercon siap edar disita polisi dari sebuah rumah di Kelurahan Kotakulon, Bondowoso, Jawa Timur. Namun pemilik bahan peledak sekaligus pemilik rumah berhasil kabur.

"Ini pengembangan dari beberapa pelaku yang sebelumnya sudah kami amankan," kata Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Jamal, yang memimpin langsung jalannya penggrebekan, Jumat (25/5/2019).

Pantauan Detikcom di lapangan, bubuk bahan baku pembuat mercon tersebut sudah dalam keadaan terbungkus kantong-kantong plastik berukuran 1 kilogram. Bungkusan itu lalu dimasukkan ke kardus.

Puluhan kilogram bahan baku mercon itu diduga akan dikirimkan ke luar daerah atau untuk melayani permintaan lokal untuk pembuatan petasan. Bahan-bahan mudah meledak itu lantas segera diamankan ke Mapolres. 

Berdasarkan keterangan pelaku yang diamankan sebelumnya, ungkap Jamal. disebutkan jika bahan baku mercon itu didapatkan dari seseorang di daerah Jl. Diponegoro, Kotakulon, Bondowoso. Polisi lantas bergerak ke TKP.

"Ternyata benar. Dari rumah itu kami amankan sekitar 110 kilogram [1,1 kuintal] bubuk mercon yang siap diedarkan. Pemilik rumah masih dalam pengejaran," jelas Jamal.

Dia menambahkan pihaknya masih terus mengembangkan kasus itu. Sebab, bisa jadi peredaran bahan baku mercon tersebut dalam skala lebih besar.

"Apalagi, situasi sekarang memang lagi agak menghangat. Kami akan terus kembangkan penyelidikan," pungkas mantan Kapolsek Leces, Probolinggo, itu.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten